Dokumen yang Wajib Dibawa saat Persalinan, Jangan Ada yang Ketinggalan Ya

Reporter : Riza Umami
Rabu, 10 Juni 2020 09:17
Dokumen yang Wajib Dibawa saat Persalinan, Jangan Ada yang Ketinggalan Ya
Ini Mom beberapa dokumen penting yang perlu disiapkan sebelum persalinan.

Wah, sudah masuk trimester ketiga. Akhirnya setelah penantian yang panjang, kini si kecil akan lahir ke dunia ini dan bertemu dengan ibu dan ayahnya tercinta. Pasti sudah nggak sabaran ya, Mom?

Kini Mom sudah harus mulai mengepak kebutuhan-kebutuhan yang akan diperlukan saat proses persalinan. Selain itu, ada pula beberapa dokumen yang wajib dibawa saat persalinan. Apa aja ya kira-kira dokumennya?

1 dari 2 halaman

1. KTP suami dan istri
Kartu identitas ini adalah salah satu dokumen penting yang perlu dibawa. Untuk jaga-jaga sebaiknya Mom menyiapkan salinan dari KTP masing-masing beberapa lembar. Bisa jadi KTP ini akan dibutuhkan saat proses pembuatan akta lahir anak.

2. Buku KIA
Dilansir dari laman kumparan.com, buku KIA ini penting dibawa oleh ibu saat persalinan. Buku KIA atau Buku Kesehatan Ibu dan Anak ini adalah buku yang memang diwajibkan untuk dimiliki oleh para ibu di Indonesia. Buku ini berisi rekam medis setiap kali ibu kontrol kandungan, tentu saja buku ini perlu dibawa saat melahirkan nanti.

2 dari 2 halaman

3. Asuransi atau BPJS

ilustrasi ibu hamil © Diadona


Proses persalinan tentu akan memakan biaya yang cukup besar apalagi jika persalinan dilakukan sesar. Untuk mengantisipasi biaya persalinan yang besar ini, ada baiknya Mom membawa asuransi atau BPJS yang dimiliki sehingga tak akan mengalami masalah dalam biaya persalinan.

4. Kartu Keluarga
Dokumen yang terakhir yaitu kartu keluarga. Mom bisa menyiapkan fotocopy kartu keluarga ini sebanyak satu atau dua lembar. KK ini mungkin akan dibutuhkan saat nanti membuat akta kelahiran si kecil saat sudah lahir ke dunia ini.

Nah, itulah beberapa dokumen penting yang perlu dipersiapkan dan dibawa saat proses persalinan nanti. Semoga sehat-sehat selalu sampai hari kelahiran nanti dan semoga proses persalinannya berjalan dengan lancar.

Beri Komentar