Flek Coklat Muncul di Miss V Ibu Hamil, Bahaya Nggak Sih?

Reporter : Prisma Difta
Jumat, 22 Januari 2021 08:07
Flek Coklat Muncul di Miss V Ibu Hamil, Bahaya Nggak Sih?
Simak ya moms

Keputihan memang sudah tak asing ditelinga para wanita dan tentunya hal itu normal dialami oleh kaum hawa. Berdasarkan dari warnanya, keputihan wajarnya berwarna putih dan bening yang dikenal dengan nama leukorea

Pada ibu hamil, keputihan juga sering dijumpai, namun, semua hormon kehamilan membuat cairan vagina menjadi lebih kental dari normalnya. Banyak yang panik ketika melihat keputihan yang berwarna coklat keluar dari Miss V ibu hami, nah, apakah hal tersebut berbahaya?

 

1 dari 2 halaman

Apakah keputihan berwarna coklat normal?

Jangan panik moms, keputihan berwarna coklat ternyata normal dialami oleh beberapa wanita hamil. Hal ini dikarenakan rahim si ibu membutuhkan waktu lebih lama untuk membersihkan diri.

Semakin lama, cairan tersebut akan keluar dari Miss V si ibu dan berubah warna menjadi kecoklatan. Disinilah yang membuat keputihan tampak seperti darah.

 

2 dari 2 halaman

Apa penyebab keluarnya?

Penyebab paling umum keluarnya flek kecoklatan di Miss V ibu hamil adalah karena iritasi. Meningkatnya hormon pada saat hamil juga salah satu penyebabnya, ini membuat serviks menjadi lebih sensitif dari biasanya.

Selain itu, keputihan berwarna gelap ini juga bisa muncul karena proses implantasi. Hal ini terjadi karena janin menempel di dinding rahim, ini menyebabkan dinding rahim keruh atau kotor, yang kemudian akan menimbulkan keputihan berwana coklat muda.

Tak hanya itu, berhubungan intim saat hamil juga akan memperburuk kondisi ini, sehingga rahim akan mengeluarkan bercak atau noda berwarna gelap.

Jangan khawatir moms, ini normal terjadi. Bila ada keluhan yang parah lebih baik periksakan pada dokter kandungan ya! Semoga membantu.