Hati-Hati, Ini 5 Risiko Pakai Sepatu Hak Tinggi saat Hamil

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 22 Januari 2021 15:30
Hati-Hati, Ini 5 Risiko Pakai Sepatu Hak Tinggi saat Hamil
Kenali risikonya yuk, Moms.

Sepatu bisa dibilang salah satu penunjang penampilan wanita. Karena itu, nggak jarang wanita sangat memperhatikan pilihan sepatu yang dikenakan.

High heels atau sepatu hak tinggi biasanya jadi primadona para wanita. Nggak bisa dipungkiri, sepatu jenis satu ini bisa membuat kaki wanita terlihat lebih jenjang sehingga menambah rasa percaya diri.

Tapi, sayangnya sepatu jenis ini berisiko lho bila dipakai saat Moms hamil. Apa saja sih risikonya? Dikutip dari Mom Junction, yuk kita simak sederet risiko pakai high heels saat hamil.

1 dari 5 halaman

1. Sakit Punggung

Ilustrasi ibu hamil sakit pinggang © Diadona

Memakai high heels biasanya mengubah postur tubuh. Otot panggul cenderung akan ditekuk ke depan sehingga memberikan pengaruh pada punggung. Saat hamil, Moms akan mendapat cukup banyak berat badan di bagian depan tubuh yangmana perubahan postur ini bisa menyebabkan rasa sakit.

Selain itu, ligamen di bagian punggung bawah dan tungkai cenderung kendor selama kehamilan. Nah, memakai sepatu hak tinggi akan memberikan tekanan berlebih pada sendi panggul dan punggung. Keadaan ini bisa menyebabkan Moms mengalami nyeri di sekitar sendi dan ligamen punggung bawah sekaligus area panggul.

2 dari 5 halaman

2. Kram Betis

Ilustrasi ibu hamil pakai sepatu hak tinggi © Diadona

Saat Moms pakai pakai sepatu hak tinggi dalam waktu yang lama, hal ini membuat otot betis Moms dalam posisi berkontraksi dalam waktu yang lama juga. Keadaan ini bisa menyebabkan kram pada otot betis yang bisa diperparah selama kehamilan.

3 dari 5 halaman

3. Memperburuk Pembengkakan di Kaki

Ilustrasi ibu hamil pakai sepatu hak tinggi © Diadona

Pembengkakan atau edema sangat umum dialami ibu selama kehamilan. Biasanya, edema terjadi di bagian tungkai, pergelangan kaki, dan kaki.

Nah, memakai sepatu hak tinggi ataupun ketat bakal semakin memperburuk keadaan ini. Memakai high heels terutama di trimester ketiga, bisa menyebabkan kaki Moms jadi bengkak. Hal ini karena lebih banyaknya cairan tubuh yang terkumpul di bagian bawah tubuh.

4 dari 5 halaman

4. Mengurangi Keseimbangan di Kaki

Ilustrasi Pemakaian High Heels © Diadona

Selama kehamilan, kekuatan di pergelangan kaki cenderung berkurang karena kenaikan berat badan dan perubahan hormonal dalam tubuh. Kedua hal ini bisa menyebabkan kapasitas keseimbangan Moms jadi lebih rendah.

Hal ini bakal diperparah kalau Moms mengenakan sepatu hak tinggi. Pasalnya, akan ada kemungkinan lebih tinggi Moms kehilangan keseimbangan dan tersandung yang berbahaya bagi ibu sekaligus si kecil.

5 dari 5 halaman

5. Keguguran

Ilustrasi keguguran © Diadona

Ibu hamil yang mengenakan sepatu hak tinggi selalu berisiko lebih tinggi mengalami keguguran. Hal ini dikarenakan sepatu hak tinggi lebih berisiko membuat Moms terjatuh atau terpelintir yang bisa juga menyebabkan Moms mengalami keguguran.

Jadi, lebih baik jika Moms menghindari memakai sepatu tinggi lebih dulu ya selama kehamilan. Anyway, biasanya Moms suka pakai sepatu model apa nih selama hamil?

Beri Komentar