Ibu Hamil Alami Morning Sickness di Malam Hari? Berikut 5 Tips untuk Mengatasinya

Pregnancy | Sabtu, 17 Oktober 2020 06:30
Ibu Hamil Alami Morning Sickness di Malam Hari? Berikut 5 Tips untuk Mengatasinya

Reporter : Devi Puspitasari

Tak hanya pagi hari, morning sickness juga bisa terjadi di malam hari Moms!

Bagi sebagian besar ibu hamil, morning sickness sudah jadi " teman" akrab terutama pada trimester pertama. Hampir semua ibu hamil mengalami gejala mual satu ini, bahkan sebagian merasakannya selama kehamilan.

Bila biasanya morning sickness dialami ibu hamil di pagi hari, tapi nyatanya ada juga lho Moms ibu yang mengalami morning sickness di malam hari. Kira-kira apa ya Moms penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

2 dari 6 halaman

Apa sih Penyebabnya?

 Ilustrasi morning sicknessIlustrasi morning sickness © cdn.com

Dilansir dari Parenting Firstcry, mual di malam hari ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan Moms. Salah satu penyebab utamanya adalah karena adanya perubahan yang dialami tubuh pada awal kehamilan. Selain juga karena hormon yang meningkat dengan cepat selama trimester pertama.

Mengonsumsi terlalu banyak rempah-rempah juga bisa menyebabkan asam lambung dan gangguan pencernaan yang kemudian menjadikan Moms mengalami mual di malam hari. Stres selama kehamilan juga bisa jadi pemicu lainnya.

3 dari 6 halaman

Tips Mengatasi Mual Kehamilan di Malam Hari

Mengalami morning sickness pada malam hari mungkin terasa aneh ya Moms, tapi hal ini umum terjadi kok Moms selama kehamilan. Lalu, gimana sih cara mengatasinya? Berikut ada 5 tips yang bisa Moms coba.

1. Memperbaiki Posisi Tidur

 Ilustrasi Ibu HamilIlustrasi Ibu Hamil © https://www.shutterstock.com/g/belchonock


Refluks asam adalah penyebab utama rasa mual di malam hari, Moms. Oleh karena itu, untuk menghindarinya Moms bisa menyandarkan kepala dengan dua bantal agar sedikit terangkat kemudian tidur miring ke kiri dengan lutut kanan ditekuk. Selain itu, Moms bisa meletakkan bantal di antara lutut agar merasa lebih nyaman.

4 dari 6 halaman

2. Makan dalam Porsi Kecil

 Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil © mommabe.com

Pastikan Moms makan dengan porsi yang kecil dan sering karena hal ini adalah cara terbaik untuk menghindari rasa lapar maupun terlalu kenyang. Ibu hamil dianjurkan untuk makan sesuatu setiap dua atau tiga jam sekali.

Tapi, perhatikan makanan yang dikonsumsi ya Moms. Makanan yang Moms konsumsi harus terdiri dari makanan yang kata protein, karbohidrat, dan nutrisi penting lainnya yang diperlukan untuk kehamilan yang sehat.

Selain itu, selalu simpan beberapa biskuit atau buah-buahan kering di dekat tempat tidur ya Moms sehingga bahkan di malam hari Moms ada sesuatu yang bisa dimakan.

5 dari 6 halaman

3. Hindari Makanan Berlemak dan Gula

Wanita hamil sebaiknya menjauhi makanan yang mengandung banyak lemak dan gula Moms. Hal ini karena makanan tersebut sulit dicerna sehingga bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Tingkatkan Asupan Cairan

 Ilustrasi Ibu Hamil DudukIlustrasi Ibu Hamil Duduk © https://www.shutterstock.com/g/asawin+klabma

Meningkatkan asupan cairan bisa membantu menyembuhkan gangguan pencernaan, yang biasanya jadi salah satu penyebab utama mual selama kehamilan.

Selalu menyediakan sebotol air di dekat tempat tidur akan menjaga tubuh Moms tetap terhidrasi dan sebagai hasilnya bisa mencegah mual. Selain itu, minum jus apel saat malam juga akan membantu menjaga kadar gula darah Moms tetap stabil.

6 dari 6 halaman

5. Hindari bau yang menyengat

Terakhir, sebisa mungkin hindari bau yang menyengat Moms. Jika bau parfum atau kari membuat Moms merasa mual, jauhi. Jika bau tertentu di rumah membuat Moms mual, buka semua jendela dan biarkan udara segar masuk atau Moms bisa menyalakan kipas angin.

Jadi, bila Moms merasakan mual di malam hari daripada pagi, jangan khawatir ya Moms karena hal ini termasuk normal. Tapi bila mual ini sudah sangat mengganggu, Moms bisa berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga membantu.

Join Diadona.id