Ibu Hamil Lebih Sering Mimpi Buruk? Ternyata Ini Penyebabnya!

Reporter : Mila
Jumat, 5 Maret 2021 07:57
Ibu Hamil Lebih Sering Mimpi Buruk? Ternyata Ini Penyebabnya!
Saat tidur, biasanya ibu hamil lebih sering bermimpi buruk. Kenapa ya?

Saat hamil, kebanyakan perempuan jadi lebih sering bermimpi aneh/buruk. Melansir Huffingtonpost, hal tersebut wajar sekali terjadi. Jadi, bukan hanya Moms seorang yang mengalami.

 

Lalu apa yang jadi penyebab ibu hamil sering mimpi? Apakah hal ini membahayakan bagi janin? Jangan keburu khawatir, Moms. Simak penjelasan pada artikel selengkapnya di bawah!

1 dari 3 halaman

Mimpi Buruk karena Perubahan Hormon

Banyak ibu hamil lainnya yang juga bermimpi aneh. Hal tersebut terjadi bukan tanpa alasan lho Moms. Menurut O’Malley, MD., Ph.D., seorang psikiater dan dokter spesialis  tidur dari Norwalk Hospital Disorder CenterAmerika Serikat, pergerakan hormon progresteron lah yang menyebabkan ibu hamil sering bermimpi dan mimpinya juga terasa lebih nyata.

Frekuensi mimpi selama masa kehamilan biasanya akan bertambah. Hal ini disebabkan oleh desakan hormon dan campuran berbagai perasaan yang berkecamuk. Entah itu terlalu memikirkan keadaan janin, terbayang-bayang proses kelahiran nanti, atau bahkan perasaan resah tetang perubahan bentuk tubuh yang drastis.

2 dari 3 halaman

Mimpi Buruk karena Jam Tidur Tak Teratur

Perubahan jam tidur juga jadi salah satu penyebab munculnya mimpi aneh/buruk selama hamil.

Saat hamil, para Moms  biasanya mengalami kesulitan tidur karena berbagai faktor, misalnya nyeri pada bagian tubuh tertentu atau buang air yang lebih sering seiring dengan bertambahnya usia kandungan. Hal ini berdampak pada tidur yang kurang nyenyak, rasa lelah, stres, dan ketakutan. Penggabungan semuanya itu bisa dengan mudah memunculkan mimpi buruk.

3 dari 3 halaman

Apakah Mimpi Yang Dialami Berpengaruh pada Janin?

Moms tidak perlu merasa khawatir, karena mimpi tersebut tidak akan mengganggu kesehatan janin sama sekali.

Yang memberikan pengaruh besar pada janin adalah asupan gizi dan aktivitas ibu sehari-hari. Jaga asupan gizi selama hamil dan usahakan tetap melakukan olahraga ringan setiap hari agar proses kelahiran nanti berjalan lancar.

Meski tak selalu berjalan dengan lancar, kehamilan bisa menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi Moms. Semangat terus!

Beri Komentar