Ibu Hamil Makan Buat Dua Orang, Sebenarnya Mitos atau Fakta sih?

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 15 September 2020 06:30
Ibu Hamil Makan Buat Dua Orang, Sebenarnya Mitos atau Fakta sih?
Cari tau jawabannya di sini yuk, Moms!

Memastikan bayi bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dalam kandungan tentu jadi harapan kebanyakan ibu hamil. Pasti Moms juga dong salah satunya. Untuk itu, biasanya ibu akan sangat memastikan asupan makanan yang dikonsumsi selama kehamilan.

Berbicara mengenai makanan ini, pernah denger nggak sih Moms ada mitos yang mengatakan ibu hamil berarti makan untuk dua orang? Mitos ini cukup banyak beredar di masyarakat.

Tapi sebenarnya, fakta atau hanya sekadar mitos sih anggapan itu? Langsung saja yuk kita simak ulasannya di bawah ini, Moms.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Jawabannya, mitos Moms.

Melansir dari Web MD, Julie Redfern, RD, LDN, seorang ahli diet terdaftar di Brigham and Women's Hospital di Boston mengatakan ibu hamil yang makan untuk dua orang ini hanya sekadar mitos Moms.

" Itu (makan untuk dua orang) adalah mitos lama. Banyak wanita yang 'makan untuk dua' akhirnya mendapatkan berat badan yang berlebihan," terang Julie.

2 dari 3 halaman

Risiko Kelebihan Berat Badan pada Ibu Hamil

Selama kehamilan tentu Moms harus meningkatkan jumlah nutrisi tertentu. Tapi sebenarnya Moms hanya membutuhkan kalori sekitar 300 lebih banyak per hari.

Sebenarnya, tubuh jadi lebih efisien Moms selama kehamilan dan mampu menyerap lebih banyak nutrisi yang kita konsumsi. Jadi, makan dengan porsi dua kali lebih banyak nggak menjamin Moms akan memiliki bayi yang sehat.

Justru sebaliknya, penambahan berat badan yang berlebihan saat hamil malah memiliki sederet risiko lho Moms seperti diabetes gestasional, sakit punggung, tekanan darah tinggi, dan membutuhkan persalinan caesar karena bayi yang sangat besar.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Institute of Medicine mengatakan bila Moms memiliki berat badan yang sehat, Moms nggak memerlukan lagi lho kalori tambahan pada trimester pertama, 340 kalori tambahan per hari pada trimester kedua, dan sekitar 450 kalori tambahan pada trimester ketiga.

Tapi semua ini kembali lagi pada tujuan penambahan berat badan ya Moms. Karena itu, mengonsultasikan hal ini pada dokter memang perlu Moms.

So, hamil berarti makan untuk dua orang itu hanya sekadar mitos ya Moms. Semoga membantu.

Beri Komentar