Ini Perbedaan Mandul dan Tidak Subur, Ternyata Beda Lho!

Pregnancy | Rabu, 22 September 2021 08:18

Reporter : Prisma Difta

Simak yuk moms

Ketakutan terbesar dari pasangan suami istri adalah jika tidak memiliki momongan, banyak dari kalian yang dibayang-bayangi oleh ketakutan itu setelah bertahun-tahun menikah. Kondisi seperti ini kerap disebut kemandulan. Namun, ternyata perbedaan antara mandul dan tidak subur beda tipis lho, simak ya agar lebih jelas lagi moms

Ini Perbedaan Mandul dan Tidak Subur, Ternyata Beda Lho!
2 dari 5 halaman

Mandul adalah sebuah kondisi dimana seseorang tidak dapat memiliki keturunan, hal ini tak hanya dialami oleh wanita saja, melainkan juga pria.

Mandul bagi wanita disebabkan oleh indung telur yang tak dapat melepaskan telurnya yang kemudian akan dibuahi. Sedangkan pria, ketika kualitas sperma buruk dan tak mampu membuahi sel telur pasangan.

3 dari 5 halaman

Pada mereka yang mandul, fungsi seksual masih berjalan normal sebagaimana mestinya. Namun yang membedakan, mereka tidak dapat memiliki momongan karena tak terjadi pembuahan.

4 dari 5 halaman

Penyebab mandul salah satunya yaitu seseorang yang sedang menjalani pengobatan kanker seperti kemoterapi. itu membuat produksi sperma menurun bahkan tidak dapat diproduksi sama sekali. 

Penyebab lainnya adalah menopause dini sehingga indung telur tidak dapat melepaskan telur lagi. Kemudian, kelainan pada genetik juga dapat menyebabkan kemandulan lho.

5 dari 5 halaman

Beda dengan tidak subur, seseorang tersebut masih bisa memiliki momongan karena masih bisa diobati. Selain itu, pasangan tersebut juga masih bisa menjalankan bayi tabung untuk mendapatkan keturunan.

Tanda-tanda seorang perempuan tidak subur bisa terlihat dari siklus menstruasinya. Wanita yang memiliki siklus mestruasi tidak teratur cenderung tidak subur. Sedangkan, laki-laki yang tidak subur adalah mengalami gangguan fungsi seksual.  Ini biasanya terjadi pada ibu yang sering mengalami keguguran, lho!

Semoga membantu

Join Diadona.id