Jangan Buru-Buru, Ini Hal yang Perlu Ibu Pertimbangkan sebelum Hamil Anak Kedua

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 17 November 2020 09:30
Jangan Buru-Buru, Ini Hal yang Perlu Ibu Pertimbangkan sebelum Hamil Anak Kedua
Pertimbangkan sederet hal ini dulu ya Moms sebelum memutuskan tambah momongan!

Bagi pasangan, kehadiran seorang anak tentu jadi sebuah anugerah. Nggak sedikit juga ibu yang mendambakan punya lebih dari satu anak. Bisa jadi Moms salah satunya.

Tapi bila Moms berencana menambah anak, tentunya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelumnya. Apa saja itu? Dikutip dari berbagai sumber, yuk kita simak ulasannya berikut ini Moms.

1 dari 6 halaman

Usia Ibu

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Usia ibu juga jadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan, Moms. Bila usia Moms di bawah 30 tahun dan nggak memiliki masalah kesehatan apapun, kemungkinan besar Moms bisa hamil dan melahirkan anak kedua dengan sehat.

Sebaliknya, bila usia Moms lebih dari 35 tahun, peluang hamil Moms akan lebih sulit dan juga berisiko melahirkan bayi secara prematur. Hal ini karena seriring bertambahnya usia wanita, siklus menstruasi akan mulai berubah dalam hal produksi.

Selain jumlah produksi telurr yang semakin menurun, seiring bertambahnya usia wanita, kualitas telur itu sendiri juga berkurang sehingga meningkatkan risiko keguguran dan cacat genetik.

2 dari 6 halaman

Keadaan Finansial

Ilustrasi perencanaan keuangan © Diadona

Keuangan memainkan peranan yang penting Moms dalam perencanaan anak kedua. Tentu saja dengan menambah anak, pengeluaran pun ikut bertambah. Moms dan pasangan perlu memikirkan ulang soal kesiapan finansial keluarga untuk mempersiapkan kehadiran anak kedua.

Selain itu, bila Moms adalah seorang wanita karir, Moms juga perlu mendiskusikan soal bagaimana waktu mengurus anak. Perlu atau tidak menyewa baby sitter atau memilih menitipkan anak ke orang tua misal.

3 dari 6 halaman

Selisih Usia Anak Pertama dan Kedua

Ilustrasi Kakak Adik © Diadona

Moms perlu tahu jika jarak kelahiran anak pertama dan kedua terlalu dekat, bisa berisiko lho pada kesehatan ibu maupun bayi dalam kandungan. Jarak ideal kelahiran anak pertama dan kedua sendiri yakni minimal 18 bulan, Moms.

Apabila jarak antara anak pertama dan kedua kurang dari 18 bulan, hal ini bisa menyebabkan Moms berisiko mengalami keguguran atau bayi lahir secara prematur.

4 dari 6 halaman

Kesiapan Mental Anak Pertama

Ilustrasi anak kecil marah © Diadona

Bila Moms dan pasangan sedang merencanakan menambah momongan, perlu dipertimbangkan juga nih apakah anak pertama Moms sudah siap menjadi kakak. Apabila usia anak pertama dan kedua masuk ke dalam kelompok usia yang sama, keduanya cenderung akan sering memperebutkan perhatian dari Moms.

Karena itu, Moms juga perlu nih meminta pendapat dari anak pertama tentang kehadiran seorang adik.

5 dari 6 halaman

Kesiapan Suami

Ilustrasi keluarga © Diadona

Berencana menaambah momongan tentu saja harus didiskusikan lebih dulu dengan suami. Tak hanya Moms dan suami harus siap secara finansial, kehadiran anak kedua tentunya bakal menyita waktu Moms dan pasangan.

Bila suami merasa sudah siap, maka Moms bisa nih mulai merencanakan kehamilan anak kedua. Sebaliknya juga, bila pasangan belum siap nggak ada salahnya buat Moms menunda lebih dulu.

Beri Komentar