Jangan Panik, Buang Air Besar Saat Melahirkan Itu Normal lho!

Reporter : Audila Rima Ndani
Rabu, 17 Juni 2020 12:37
Jangan Panik, Buang Air Besar Saat Melahirkan Itu Normal lho!
Kedengarannya malu-maluin tapi itu normal kok, Moms!

Menjalani trimester akhir merupakan momen yang cukup membuat para ibu hamil merasa was-was. Perasaan khawatir dan cemas yang kita rasakan tentu adalah hal yang normal mengingat sebentar lagi kita akan melahirkan buah hati ke dunia. Tapi kita harus tetap menjaga kondisi pikiran agar tetap santai dan nggak stres.

Sementara itu banyak yang penasaran dengan apa sih yang akan terjadi di ruang persalinan nanti saat kita melahirkan? Salah satu hal biasa yang terjadi saat persalinan dan mungkin bikin kita terkejut adalah buang air besar secara tiba-tiba.

1 dari 3 halaman

Ilustrasi Melahirkan © Diadona

Dilansir dari Today's Parent, tubuh kita sangat mungkin secara tiba-tiba mengeluarkan kotoran saat melahirkan. Itulah cara tubuh kita untuk memberitahu bahwa bayi akan segera keluar.

Meski kedengarannya agak memalukan tapi harusnya wanita yang sedang melakukan persalinan nggak terlalu memikirkan hal ini. Tubuh kita melakukan apa yang seharusnya dilakukan untuk mengeluarkan bayi dan hal itu bisa menjadi salah satu dampaknya.

Kenyataannya mengalami diare atau buang air besar bisa menjadi salah satu tanda awal persalinan. Biasanya kita akan mengalaminya beberapa hari menjelang hari persalinanan.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Melahirkan © Diadona

Kondisi ini disebabkan oleh pelepasan hormon yang disebut prostaglandin. Selanjutnya selama persalinan, bayi akan keluar melalui jalur lahir yang menyebabkan penekanan pada reseptor peregangan di usus besar sehingga merangsang saraf sakral dan mengirim pesan pada otak untuk buang air.

Ada juga refleks ejeksi janin yang disebabkan oleh tekanan pada serviks dan vagina yang menimbulkan keinginan untuk mendorong. Kombinasi faktor-faktor ini membantu kita mengeluarkan bayi dan feses yang ada di rektum.

Selama menjalani proses melahirkan, akan ada banyak hal yang terjadi. Tapi banyak wanita yang masih bisa merasakannya bahkan jika kita sudah mendapatkan epidural. Makanya saat kita mengalami hal itu, jangan merasa malu. Ingatlah bahwa itu bukan masalah besar.

3 dari 3 halaman

ilustrasi melahirkan © Diadona

Banyak wanita yang benar-benar takut mengalami buang air besar selama melahirkan. Beberapa bahkan meminta maag karena melakukan hal itu di tengah persalinan.

Padahal melahirkan merupakan suatu prestasi yang luar biasa. Melahirkan adalah hadian yang sulit dimenangkan. Kita telah mengorbankan nyawa untuk menghadirkan buah hati di dunia, jadi ucapan maaf bener-bener nggak perlu untuk dilakukan.

Semangat, Moms!

Beri Komentar