Jangan Panik Moms, Ini 4 Cara Mudah Mencegah Stretch Mark saat Hamil

Pregnancy | Selasa, 23 Maret 2021 07:57
Jangan Panik Moms, Ini 4 Cara Mudah Mencegah Stretch Mark saat Hamil

Reporter : Mila Ismiranda

Bumil wajib lakukan tips di bawah ini untuk meminimalisir munculnya stretch mark.

Saat hamil, tubuh seorang ibu biasanya harus beradaptasi dengan banyak perubahan, mulai dari perubahan secara fisik hingga psikis. Salah satu yang sering dialami adalah perubahan struktur penunjang kulit yang bisa menimbulkan beberapa masalah kulit, seperti stretch mark. Meskipun sebenarnya gak berbahaya, tapi masalah kulit ini bisa mengganggu penampilan dan membuat diri merasa gak nyaman.

Penyebab utama munculnya stretch mark pada ibu hamil adalah akibat kulit yang meregang saat ukuran perut Moms membesar. Selain itu, faktor perubahan dan peningkatan hormon pada ibu hamil juga bisa menyebabkan garis, kerutan, atau guratan berwarna ungu-kemerahan ini.

Meskipun stretch mark bisa memudar seiring dengan berjalannya waktu seusai melahirkan, tapi ada baiknya untuk mencegahnya. Simak caranya di bawah ya!

2 dari 5 halaman

Jaga Kelembapan Kulit saat Hamil

Cara mencegah stretch mark saat hamil yang pertama adalah dengan menjaga kelembapan kulit. Moms bisa menjaga kelembapan kulit dengan memakai oil atau body butter untuk. Dengan begitu, elastis kulit terjaga sehingga gak mudah 'pecah' saat membesar.

3 dari 5 halaman

Gunakan Pelembap sejak Awal Kehamilan

Masih nyambung dengan cara sebelumnya, sebaiknya Moms mulai menggunakan pelembap tersebut sejak dari usia awal kehamilan di bagian-bagian tubuh yang rentan mengalami stretch mark. Seperti area perut, paha, bokong, lengan atas, dan payudara.

4 dari 5 halaman

Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Selain menjaga dan merawat kulit dari luar, hal yang gak boleh dilewatkan adalah merawat kulit dari dalam. Caranya yaitu dengan memerhatikan makanan yang Moms konsumsi. Perhatikan setiap jenis makanan supaya mencukupi gizi dengan sumber makanan yang tepat.

Moms bisa merbanyak makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran yang bisa membantu pembentukan kolagen dan menjaga elastisitas kulit sehingga mencegah stretch mark.

5 dari 5 halaman

Batasi Konsumsi Gula dan Lemak

Moms juga perlu membatasi konsumsi gula dan lemak. Kadar gula dan lemak yang berlebihan bisa memicu penambahan berat badan ibu hamil secara drastis. Penambahan berat badan inilah yang bisa menimbulkan stretch mark di beberapa bagian tubuh Moms.

Rawat kulit dengan baik yaMoms, supaya bisa menjalani masa kehamilan dengan percaya diri dan bahagia!

Join Diadona.id