Jangan Sepelekan, Ini 5 Tips Atasi Nafsu Makan yang Menurun pada Trimester Pertama

Reporter : Devi Puspitasari
Rabu, 11 November 2020 06:30
Jangan Sepelekan, Ini 5 Tips Atasi Nafsu Makan yang Menurun pada Trimester Pertama
Apa aja sih tipsnya?

Kehamilan biasanya dikaitkan dengan nafsu makan ibu yang bertambah. Tapi, ada juga sebagian ibu yang malah mengalami penurunan nafsu makan atau malah sama sekali nggak nafsu makan selama kehamilan terutama pada trimester pertama.

Meski begitu, tentu hal ini nggak boleh diabaikan begitu saja Moms karena baik ibu dan bayi tentu membutuhkan cukup nutrisi selama masa kehamilan ini. Lantas gimana cara mengatasinya? Dikutip dari What to Expect, ini dia 5 tips yang bisa Moms coba untuk memenuhi asupan nutrisi dikala hilang nafsu makan.

1 dari 5 halaman

Apa sih penyebab hilang nafsu makan pada trimester pertama?

Ilustrasi ibu hamil kehilangan nafsu makan © Diadona

Kehilangan nafsu makan sering kali terjadi bersamaan dengan morning sickness Moms. Sementara itu, mual dan muntah sendiri memengaruhi sekitar 75 persen wanita hamil. Saat Moms sering mual dan muntah, nggak heran bila nafsu makan Moms akan berkurang bahkan hilang.

Nggak hanya itu, peningkatan hormon seperti estrogen dan hCG juga berperan dalam meningkatkan rasa mual, kepekaan terhadap penciuman dan menurunkan nafsu makan. Bahkan, selama kehamilan Moms akan merasakan rasa mirip logam di mulut yang bisa mengurangi selera makan ibu hamil.

2 dari 5 halaman

Gimana sih cara mengatasinya?

Saat kehilangan nafsu makan, tentu Moms jadi khawatir ya dengan tumbuh kembang buah hati dalam kandungan. Karena itu, untuk tetap mencukupi gizi ibu dan bayi, berikut beberapa tips yang bisa Moms coba.

1. Minum Cukup Air

Ilustrasi ibu hamil minum air putih © Diadona

Memastikan Moms mengonsumsi cukup cairan nyatanya lebih penting daripada menargetkan asupan kalori tertentu. Karena itu, disarankan Moms mengonsumsi air sekitar 8-10 gelas perhari.

Air hangat dengan lemon atau jahe bisa jadi pengganti air putih yang baik bila Moms merasa mual. Tapi, bila Moms ingin minum teh herbal atau minuman lain, pastikan Moms mengonsultasikannya dulu ya pada dokter karena tak semua teh herbal aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

 

3 dari 5 halaman

2. Jangan Berlebihan

Sebaiknya Moms makan dengan porsi kecil daripada memaksakan makan secara langsung dengan porsi yang besar. Moms bisa makan enam porsi kecil sehari misalnya. Hal ini bisa membantu memuaskan nafsu makan Moms yang nggak seberapa.

3. Konsumsi Makanan yang Ringan

Ilustrasi Ibu Hamil Makan Sayur © Diadona

Bila Moms nggak terlalu nafsu makan, Moms bisa mengonsumsi makanan yang nggak terlalu berat namun tetap bergizi. Disarankan Moms mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein untuk menjaga gula darah Moms tetap stabil dan kenyang lebih lama.

Misal, Moms bisa mengonsumsi pisang dan sesendok yogurt untuk menambah kalsium dan protein. Selain itu, biskuit gandum juga bisa jadi teman dikala lapar lho Moms.

4 dari 5 halaman

4. Hindari Makanan yang Berbau Tajam

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, indra penciuman ibu hamil jauh lebih peka Moms. Karena itu, sebaiknya menghindari makanan berbau tajam yang bisa memicu mual. Termasuk juga makanan pedas dan berlemak.

5. Minum Vitamin Prenatal

Untuk memberikan gizi tambahan selama kehamilan Moms bisa mengonsumsi vitamin prenatal secara rutin. Apalagi bila Moms mengalami kurang nafsu makan, mual dan muntah di trimester pertama.

5 dari 5 halaman

Tapi, sebelum mengonsumsi vitamin prenatal ini sebaiknya Moms berkonsultasi lebih dulu ya pada dokter karena kebutuhan nutrisi setiap ibu berbeda-beda.

Bila mual dan muntah ini terus berlanjut dan sampai mengganggu, sebaiknya Moms membicarakannya pada dokter untuk diberikan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat ya Moms.

Beri Komentar