Kaki Bengkak saat Hamil, Kapan Ibu Perlu Khawatir?

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 16 Januari 2021 06:30
Kaki Bengkak saat Hamil, Kapan Ibu Perlu Khawatir?
Moms perlu waspada nih bila alami pembengkakan disertai kondisi ini.

Selama kehamilan, secara alami tubuh ibu akan menyesuaikan diri untuk mendukung pertumbuhan bayi. Karena itu, nggak jarang ibu akan mengalami beberapa gejala seperti pembengkakan.

Pembekakan di beberapa area tubuh seperti tangan dan kaki memang normal dialami ibu hamil Moms. Meski hal ini normal terjadi, tapi ada sederet kondisi juga lho dimana ibu perlu waspada saat alami pembengkakan. Kondisi seperti apa saja itu? Langsung saja yuk kita simak ulasannya.

1 dari 4 halaman

Apa sih Penyebab Pembengkakan atau Edema saat Hamil?

Penyebab Kaki Bengkak Saat Hamil © Diadona

Edema atau pembengkakan pada area tangan, kaki, maupun daerah pergelangan kaki memang sangat umum dialami ibu hamil, Moms. Tak hanya di area tangan dan kaki, kadang pembengkakan juga terjadi di area wajah dan leher terutama saat kehamilan memasuki minggu ke-20.

Dikutip dari Alodokter, pembengkakan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, Moms. Di trimester awal, biasanya pembengkakan disebabkan oleh meningkatnya hormon progesteron.

2 dari 4 halaman

Tak hanya hormon progesteron, meningkatnya volume darah dan cairan di dalam tubuh juga bisa jadi penyebab lainnya ibu mengalami pembengkakan selama kehamilan. Biasanya, pembengkakan ini akan semakin sering dialami ibu di trimester ketiga.

Pembengkakan pada trimester akhir ini disebabkan oleh rahim yang semakin membesar seiring kehamilan. Rahim itu kemudian memberi tekanan pada pembuluh darah vena yang berada di panggul. Nah, tekanan ini bisa memperlambat kembalinya darah dari kaki menuju jantung Moms sehingga darah berkumpul di bagian pembuluh darah kaki dan menyebabkan pembengkakan.

3 dari 4 halaman

Kapan Ibu Hamil Harus Khawatir saat Alami Pembengkakan?

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Sebenarnya, pembengkakan saat hamil normal dialami ibu, Moms. Tapi, bila pembengkakan ini disertai dengan gejala seperti pusing, sakit kepala, mata berkunang-kunang, gangguan penglihatan, nyeri perut, dan sesak napas Moms perlu waspada karena kondisi ini bisa menandakan masalah kesehatan yang serius.

Karena itu, Moms harus waspada bila Moms mengalami pembengkakan yang disertai dengan rasa nyeri, kemerahan, rasa perih pada betis dan kaki, kemungkinan besar hal ini menandakan Moms mengalami pembekuan darah.

4 dari 4 halaman

Lain lagi, bila pembengkakan yang Moms alami disertai dengan sakit kepala yang nggak kunjung sembuh sekaligus bersamaan dengan perubahan penglihatan seperti pandangan jadi kabur atau sensitif terhadap cahaya, bisa jadi Moms mengalami preeklamsia.

Bila Moms merasakan gejala-gejala di atas, segera periksa ke dokter ya agar segera mendapat penanganan yang tepat. Selain itu, sebaiknya Mom juga selalu rutin memeriksakan kehamilan agar memastikan ibu dan buah hati selalu sehat. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar