Kenapa sih, Perempuan yang Sedang Hamil Sering Kentut?

Pregnancy | Selasa, 5 Oktober 2021 11:57

Reporter : Mila Ismiranda

Tenang Moms, sering buang gas waktu hamil itu sangat wajar kok.

Kehamilan adalah momen bahagia bagi para calon ibu. Moms akan mengalami berbagai perubahan mulai dari trimester pertama kehamilan atau semenjak dinyatakan hamil.

Beberapa perubahan ini mungkin ada yang membuat rasa kurang nyaman, bahkan bikin Moms malu dan risi. Salah satunya yaitu jadi sering kentut saat hamil. Lantas, kenapa hal ini bisa terjadi?

Kenapa sih, Perempuan yang Sedang Hamil Sering Kentut?
2 dari 4 halaman

Penyebab Sering Kentut saat Hamil

 

Sering kentut saat hamil adalah hal yang umum. Biasanya ibu hamil kentut sekitar 18 kali dalam sehari. Hal ini karena rata-rata ibu hamil bisa menghasilkan hingga 4 liter gas setiap hari. Kok bisa?

Faktor penyebab utamanya karena adanya peningkatkan kadar hormon progesteron. Hormon progesteron menyebabkan otot-otot di seluruh tubuh, termasuk otot usus jadi lemas yang menyebabkan proses pencernaan terhambat.

Akibatnya, terjadilah penumpukkan gas. Inilah yang menyebabkan ibu hamil jadi lebih sering kentut, sendawa, dan kembung.

3 dari 4 halaman

Penyebab Lainnya

Ilustrasi HamilIlustrasi Hamil © Shutterstock

Selain itu, berikut beberapa penyebab lainnya sering kentut saat hamil yang paling umum:

  • Rahim yang Membesar
    Rahim yang membesar juga bisa menekan rongga perut dan menyebabkan ibu hamil sering kentut. Penekanan rongga perut juga bisa melambatkan proses pencernaan dan menyebabkan penumpukan gas.
  • Konsumsi Makanan dan Vitamin
    Makanan dan vitamin yang dikonsumsi, terutama yang tinggi zat besi, bisa menyebabkan konstipasi atau sembelit. Kondisi ini juga bisa mengumpulkan banyak gas di dalam perut, hingga akhirnya menyebabkan Moms sering kentut saat hamil.
4 dari 4 halaman

Gimana Cara Agar Tidak Kentut saat Hamil?

Melansir American Pregnancy Association, ada beberapa cara yang bisa Moms lakukan agar saar hamil tidak sering kentut di tempat umum, yaitu:

  • Menghindari makanan yang mengandung gas
  • Mengunyah makanan pelan-pelan
  • Hindari minuman bersoda
  • Minum langsung tanpa sedotan
  • Perbanyak aktivitas fisik ringan (jalan kaki dan yoga)
  • Batasi pemanis buatan

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya!

Join Diadona.id