Kenapa sih Setelah Operasi Caesar, Moms Diharuskan Kentut?

Reporter : Mila
Jumat, 25 Juni 2021 07:57
Kenapa sih Setelah Operasi Caesar, Moms Diharuskan Kentut?
Setelah caesar, Moms harus dipastikan kentut dulu. Supaya apa sih?

Bagi Moms yang baru saja melahirkan dengan operasi caesar, dokter atau perawat biasanya selalu menanyakan apakah sudah buang angin atau belum. Mengapa harus demikian?

Mengutip KlikDokter, salah satu alasan harus buang angin setelah caesar atau operasi di bagian perut adalah untuk mendeteksi kemungkinan komplikasi yang disebut postoperative ileus atau ileus paralitik.

Ileus paralitik adalah penghentian peristaltik usus terkait dengan obat-obatan tertentu yang diberikan selama operasi. Obat-obatan tersebut memperlambat sistem pencernaan dan bisa saja mengganggu fungsi organ.

1 dari 2 halaman

Indikator Penting

Buang angin setelah operasi caesar adalah sebuah indikator yang menunjukkan saluran pencernaan sudah bisa kembali bekerja dengan normal setelah operasi dilakukan.

Kalau belum buang angin atau kentut setelah operasi caesar tapi pasien sudah terlanjur mengonsumsi makanan, maka bisa meningkatkan risiko terjadinya sumbatan di saluran cerna.

2 dari 2 halaman

Cara Cepat Kentut Setelah Caesar

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan Moms agar cepat buang angin atau kentut setelah operasi caesar. Antara lain:

  • Jalan kaki perlahan. Berjalan akan memberikan sentakan pada organ pencernaan, hal ini bisa memicu udara yang terperangkap untuk segera keluar.
  • Minum segelas air hangat agar saluran pencernaan bisa terpicu untuk membuang gas yang terperangkap. 
  • Mom juga bisa latihan miring pelan-pelan ke arah kiri dan kanan. Hal ini bisa membantu pergerakan usus menjadi lebih lancar.
  • Jika belum berhasil, Moms bisa berupaya untuk kentut dengan mengunyah permen karet.

Nah itu tadi ulasan seputar kentut setelah operasi caesar. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar