Khasiat dari Telur Bebek Untuk Kesuburan Wanita dan Promil

Reporter : Prisma Difta
Rabu, 17 Juni 2020 18:48
Khasiat dari Telur Bebek Untuk Kesuburan Wanita dan Promil
Simak Tipsnya moms

Jika ibu  sedang merencanakan kehamilan? Pastilah nutrisi dan asupan dijaga dengan baik. Adapun beberapa makanan yang dianjurkan dokter untuk meningkatkan kesuburan dan program hamil. Seperti sayur-sayuran, buah dan protein lainnya. Salah satu protein yang bagus untuk ibu yang sedang merencakan program hamil adalah telur bebek, simak yuk tipsnya!

1 dari 2 halaman

1. Kandungan Nutrisi telur bebek

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Dikutip dari My Fitness Pal, kuning telur bebek memiliki kandungan nutrisi yang khas. Kuning telur bebek disebutkan mengandung sodium, kalium, protein, vitamin A, vitamin C, kalsium, dan zat besi.

Kuning telur bebek juga mengandung kolin, vitamin E, vitamin B12, dan selenium. Namun demikian, Mama perlu berhati-hati karena kandungan kolesterol kuning telur bebek juga cukup tinggi.

Telur bebek mengandung protein, lemak, antioksidan, multivitamin dan juga mineral. Multivitamin dan mineral yang terkandung dalam telur bebek, antara lain:  vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, vitamin D, folat, selenium, kalsium, zat besi, magnesium, zinc, dan mangan.

Dikutip dari Alodokter, satu butir telur bebek mengandung:

  • 130 kalori
  • 9 gr protein
  • 1 gr karbohidrat
  • 100 mg sodium
  • 150 mg kalium
  • 154 gr fosfor
  • 600 mg kolesterol

2 dari 2 halaman

2. Manfaat telur bebek

Kuning telur bebek pun diyakini baik dikonsumsi karena bermanfaat bagi kesehatan. Dikutip dari Livestrong, hal ini karena banyaknya kandungan nutrisi dalam telur bebek, Ma.

Seperti disebutkan sebelumnya, kuning telur bebek mengandung vitamin B12, selenium, dan kolin. Kolin adalah nutrisi penting yang membantu sel-sel bisa terhubung dengan baik. Ini sangat berguna dalam membantu tubuh menciptakan neurotransmitter dan memfasilitasi komunikasi saraf di seluruh tubuh.

Vitamin B12 juga diperlukan untuk sintesis DNA dan bermanfaat bagi kesehatan sel darah merah. Vitamin ini juga penting untuk sistem saraf. Kadar vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan masalah dengan keseimbangan dan memori, serta kelelahan.

Jumlah kandungan vitamin B12 di telur bebek pun diyakini lebih tinggi dibandingkan jumlah yang terkandung di dalam telur ayam.

Kandungan selenium juga diperlukan untuk sintesis dan perbaikan DNA. Selenium membantu mengatur hormon metabolisme dan berperan dalam kesuburan.

Ya, selenium menjadi nutrisi penting yang baik dikonsumsi demi kesehatan kesuburan. Kandungan selenium bekerja sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas. Selenium juga dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan kromosom, yang pada ujungnya dapat menyebabkan terjadinya keguguran.

Sementara itu, zat besi dalam kuning telur bebek membantu tubuh mama memproduksi cukup hormon, sehingga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron pun terjaga. Efek positifnya, siklus haid jadi lebih lancar.

Beri Komentar