Konsumsi Vitamin Prenatal di Saat Tidak Hamil, Boleh Nggak Ya?

Pregnancy | Sabtu, 24 Oktober 2020 08:54
Konsumsi Vitamin Prenatal di Saat Tidak Hamil, Boleh Nggak Ya?

Reporter : Prisma Difta

Ini jawabannya moms!

Banyak yang sudah mengerti kelebihan dari Vitamin Prenatal, selain dapat mencegah resiko komplikasi dalam kehamilan, vitamin tersebut juga sangat dibutuhkan pada masa kehamilan agar ibu hamil tercukupi mineral dan tercukupi asupan vitaminnya.

Walaupun banyak kelebihan yang dimiliki, banyak yang masih kebingungan apakah vitamin tersebut masih bisa dikonsumsi oleh ibu yang sudah tidak mengandung lagi? Ini jawabnnya ya moms!

 

2 dari 3 halaman

Apakah boleh dikonsumsi oleh yang tidak hamil?

Sebenarnya, vitamin prenatal ini ditujukan untuk ibu hamil agar nutrisi dan vitaminnya tercukupi. Jadi tidak tepat sasaran jika ini tersebut dikonsumsi oleh seseorang yang sedang tidak mengandung. Disamping itu, Asam folat yang berlebihan juga dapat berefek samping yang buruk lho!

Sebaliknya, berniat ingin sehat minum vitamin prenatal malah biasanya orang-orang tersebut akan kelebihan zat besi. Hal itu tentunnya tidak baik karena dapet membuat permasalahan dalam kesehatan seperti sembelit, mual dan diare.

Oleh karenanya, minumlah vitamin prenatal hanya dengan anjuran dokter karena hanya dokter yang dapat menakar kebutuhan dosis vitamin prenatal yang dibutuhkan saja.

3 dari 3 halaman

Ganti vitamin prenatal dengan ini

Daripada harus mengonsumsi prenatal, ibu baiknya cukup memenuhi gizi dan nutrisi dengan mengatur pola hidup dengan baik. Dengan pola makan yang seimbang, kamun tidak perlu mengonsumsi vitamin tambahan.

Konsumsi protein nabati yang berasal dari tumbuhan ditambah sedikit protein hewani, produk susu rendah lemak dan juga beberapa sayuran buah-buahan dapat memenuhi nutrisi harianmu. Konsultasikan pada dokter gizi ya jika perlu!

Terkait
Join Diadona.id