Konsumsi Wijen Dapat Gugurkan Kandungan, Mitos atau Fakta?

Reporter : Prisma Difta
Rabu, 27 Januari 2021 09:05
Konsumsi Wijen Dapat Gugurkan Kandungan, Mitos atau Fakta?
Simak selengkapnya ya moms!

Biji Wijen sudah dikenal sebagai tanaman tertua yang sudah tumbuh lebih dari 3.500 tahun yang lalu. Sampai sekarang, biji wijen kerap dijadikan seasoning dalam berbagai jenis makanan sebagai penambah rasa dan aroma.

Namun, ternyata pada saat hamil, ibu harus lebih berhati-hati dalam mengonsumsi biji wijen karena dapat menyebabkan banyak gangguan kesehatan dan juga janin. Bahkan ada beberapa para ahli menyebutkan bahwa Wijen dapat menyebabkan keguguran, apakah benar?

 

1 dari 3 halaman

Mitos atau fakta?

Ternyata, terdapat beberapa kesalahpaham atas asumsi bahwa biji wijen dapat menyebabkan keguguran pada ibu hamil. Tara Gidus, penasihat nutrisi untuk majalah bayi Amerika dalam bukunya, 'Pregnancy Cooking and Nutrition for Dummies,' mengatakan bahwa makanan tertentu memiliki panas yang dapat membahayakan janin.

Sebenarnya memang tak adala kepastian yang jelas atau penelitian khusus yang membahas bahwa wijen dapat menyebabkan keguguran. Mengingat hal tersebut masih abu-abu, baiknya ibu hamil tak mengonsumsi biji wijen secara berlebihan untuk meminimalisir

2 dari 3 halaman

Cara mengonsumsi wijen

Untuk meminimalisir resiko saat mengonsumsi biji wijen, baiknya ibu hamil menerapkan beberapa cara berikut ini:

  • Buat saus wijen (tahini) dan makan dengan sayuran segar
  • Tambahkan beberapa biji wijen ke dalam ketumbar atau sambal mint untuk menambah rasa dan meningkatkan nilai gizi
  • Taburkan pada makanan
  • Biji wijen panggang dapat digunakan sebagai tambahan pada mi, masakan, dan sup.

 

 

3 dari 3 halaman

Jika terjadi alergi setelah mengonsumsi biji wijen, baiknya ibu memeriksakannya pada dokter ahli. Semoga membantu ya moms!

 

Beri Komentar