Kulit Jadi Menghitam saat Hamil, Normal Nggak sih?

Pregnancy | Minggu, 22 November 2020 06:30
Kulit Jadi Menghitam saat Hamil, Normal Nggak sih?

Reporter : Devi Puspitasari

Saat hamil, memang sebagian besar ibu mengalami perubahan pada kulit Moms.

Saat hamil, tentu banyak perubahan dalam tubuh yang Moms alami. Mulai dari kaki yang bengkak, rambut rontok, bahkan kulit yang jadi menghitam meski Moms nggak sering keluar rumah.

Perubahan pada kulit memang sering terjadi seiring kehamilan Moms. Tapi kalau kulit jadi menghitam normal nggak ya? Langsung saja yuk Moms kita simak ulasannya dilansir dari Alodokter berikut ini.

2 dari 6 halaman

Normal Nggak ya Kulit Menghitam saat Hamil?

 Ilustrasi Wajah KusamIlustrasi Wajah Kusam © shutterstock.com

Nyatanya, kulit jadi menghitam normal terjadi pada ibu hamil kok Moms. Dalam dunia medis hal ini disebut dengan melasma. Melasma biasanya sering menyerupai bentuk masker wajah. Karena itu, kondisi kulit saat ini sering juga disebut dengan " topeng kehamilan" .

Apa sih penyebab kulit menghitam saat hamil?

Melasma ini biasanya disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan Moms yang merangsang produksi melanin dalam tubuh. Melasma sendiri ditandai dengan munculnya bercak berwarna lebih gelap di sekitar area atas bibir, hidung, leher, dahi dan bagian lainnya yang biasanya terpapar sinar matahari.

3 dari 6 halaman

Kondisi ini juga semakin memburuk Moms bila ibu hamil terpapar sinar matahari secara terus-menerus. Selain itu, melasma juga nggak hanya terjadi di area wajah saja.

Nggak jarang, kondisi kulit ini juga terjadi di area yang sudah menggelap sebelumnya seperti area puting, lipatan tubuh, bahkan tahi lalat.

4 dari 6 halaman

Gimana Cara Mengatasinya?

 ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © 2019 https://www.diadona.id /pixabay.com

Tapi tenang Moms, melasma saat hamil ini nggak akan berlangsung selamanya kok. Biasanya, kulit Moms akan berangsur kembali seperti semula setelah melahirkan.

Namun, bila Moms merasa terganggu, berikut ada sederet cara yang bisa Moms coba untuk mengurangi risiko maupun meredakannya. Nah, ini dia beberapa caranya.

5 dari 6 halaman

1. Gunakan pakaian panjang dan topi lebar saat beraktivitas di luar ruangan.

2. Hindari waxing karena bisa memperparah melasma.

3. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 terutama saat beraktivitas di luar ruangan.

4. Hindari aktivitas di luar ruangan pada pukul 10 sampai 3 siang. Pasalnya, pada jam-jam itu paparan sinar matahari sedang kuat-kuatnya.

5. Gunakan makeup khusus ibu hamil jika Moms merasa bercak hitam yang muncul menganggu penampilan.

6 dari 6 halaman

 Ilustrasi ibu hamil makan sayurIlustrasi ibu hamil makan sayur © monthlychronicle.com.au

Selain hal di atas, merawat kulit dari dalam juga nggak kalah penting Moms. Untuk itu, pastikan Moms mengonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, minum cukup cairan, dan melakukan olahraga ringan.

Jadi, bisa dibilang kulit menghitam saat hamil jadi masalah yang umum kok Moms bagi ibu hamil. Tapi, bukan berarti Moms nggak bisa meminimalisir risikonya. Semoga bermanfaat.

Join Diadona.id