Libido Menurun selama Masa Kehamilan, Apakah Ini Normal?

Pregnancy | Rabu, 11 Mei 2022 09:57

Reporter : Mila Ismiranda

Kebanyakan bumil pasti mengalaminya.

Kehamilan adalah hal yang berharga bagi perempuan untuk mengeksplorasi berbagai perubahan dalam tubuh. Mulai dari membesarnya perut hingga perubahan hormonal yang memengaruhi suasana hati.

Tak hanya itu, gairah seksual atau libido ternyataikut terpengaruh. Kenaikan dan penurunan libido selama hamil dimungkinkan terjadi untuk beberapa alasan. Yuk kita bahan bagaimana kehamilan memengaruhi gairah seksual, dan apakah libido yang turun adalah sesuatu yang normal?

Libido Menurun selama Masa Kehamilan, Apakah Ini Normal?
2 dari 7 halaman

Kehamilan dan Libido

Fluktuasi hormon memainkan peran penting dalam perubahan gairah seksual yang dirasakan perempuan selama kehamilan. Tingkat estrogen dan progesteron yang lebih tinggi, serta adanya peningkatan aliran darah ke alat kelamin bisa menyebabkan hasrat seksual meningkat. 

Seiring dengan kenaikan libido ini, terjadi peningkatan pelumasan vagina dan klitoris yang hipersensitif, sehingga membuat sebagian perempuan mendapatkan orgasme yang lebih intens.

Tapi, keadaan emosional dan banyaknya perubahan fisik yang terjadi karena kehamilan bisa mengurangi keinginan perempuan untuk berhubungan seks

3 dari 7 halaman

Trimester Pertama

Melansir Medical News Today, selama trimester pertama, sebagian perempuan mengalami penurunan dalam merasakan gairah dan kepuasan seksual. Hal itu disebabkan karena adanya lonjakan hormon, gejala fisik yang tidak nyaman, dan disertai stres yang akhirnya menurunkan libido. 

4 dari 7 halaman

Setelah embrio ditanamkan di dinding rahim, sel-sel di plasenta mulai memproduksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon ini juga menstimulasi produksi estrogen dan progesteron. Lonjakan hormon pada minggu 1-13 ini dapat menyebabkan gejala yang memengaruhi libido, seperti: 

  • Mual.
  • Mood yang berubah-ubah.
  • Kelelahan dan stres.
  • Masalah pencernaan.
  • Nyeri pada payudara.
5 dari 7 halaman

Trimester Kedua

Nah, memasuki minggu ke-10, keadaan ibu hamil mulai berbalik. Hormon akan mulai menurun dan gejala pada awal kehamilan akan mereda. Saat itulah tingkat energi mulai pulih dengan diikuti perasaan nyaman dan gairah seksual.

Pada trimester kedua ini akan ada peningkatan pelumasan vagina, disertai pembengkakan klitoris dan vagina yang bisa meningkatkan kualitas serta frekuensi seks. 

6 dari 7 halaman

Trimester Ketiga

Melansir Verywell Family, sebagian perempuan melaporkan mengalami orgasme atau bahkan multiorgasme untuk pertama kalinya dalam hidup karena perubahan fisiologis yang dialami. 

Tapi, keadaan itu akan berubah lagi saat masuk trimester ketiga. Penambahan berat badan, sakit punggung, dan gejala lainnya bisa membuat suasana hati makin tidak stabil karena mendekati masa kelahiran.

Join Diadona.id