Makan Kacang saat Hamil, Ternyata Bisa Turunkan Risiko Anak Alami Alergi lho!

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 15 Januari 2021 06:30
Makan Kacang saat Hamil, Ternyata Bisa Turunkan Risiko Anak Alami Alergi lho!
Konsumsi kacang saat hamil ternyata bermanfaat, Moms.

Setiap ibu hamil pastinya ingin buah hati bisa tumbuh dengan baik dan sehat dalam kandungan. Karena itu, nggak sedikit ibu yang memilih menghindari berbagai makanan yang dianggap berbahaya selama kehamilan atau memicu alergi. Salah satunya kacang.

Banyak ibu yang percaya jika makan kacang selama hamil bisa sebabkan bayi alami alergi kacang. Tapi faktanya justru sebaliknya, Moms.

1 dari 4 halaman

Turunkan Risiko Anak Alami Alergi Kacang

Ilustrasi wanita makan kacang © Diadona

Dikutip dari Medical News Today, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu yang makan lebih banyak kacang selama kehamilan terbukti bisa menurunkan risiko anak mengidap alergi kacang. Tapi, perlu digaris bawahi bila hal ini hanya berlaku bagi mereka yang nggak punya alergi terhadap kacang-kacangan ya, Moms.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Pediatrics ini, alergi kacang biasanya baru dimulai pada saat masa kanak-kanak, Moms. Penelitian ini sendiri melibatkan 8.205 anak dari ibu yang sebelumnya sudah melaporkan pola makan mereka selama, sebelum dan setelah kehamilan.

2 dari 4 halaman

Ilustrasi Bayi Tertawa © Diadona

Menariknya, ditemukan fakta bahwa anak-anak dengan ibu yang nggak memiliki alergi dan mengonsumsi kacang lima kali atau lebih dalam seminggu selama hamil, berisiko paling rendah mengembangkan alergi kacang. 

Meski begitu, temuan ini masih perlu penelitian lebih lanjut Moms.

 

3 dari 4 halaman

Disarankan untuk Makan Kacang selama Hamil

roti selai kacang © Diadona

Karena itu, para ahli menyarankan agar ibu hamil nggak menghindari mengonsumsi makanan tertentu termasuk kacang. Hal ini karena kacang kaya manfaat salah satunya mengandung asam folat yang bisa mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

" Wanita hamil tidak boleh menghilangkan kacang dari makanannya karena kacang adalah sumber protein yang baik dan juga menyediakan asam folat yang berpotensi mencegah cacat tabung saraf," ucap Dr. Ruchi Gupta, dari Fakultas Kedokteran Universitas Northwestern Feinberg, Illinois.

Beri Komentar