Makan Pizza saat Hamil, Boleh Nggak ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Sabtu, 23 Januari 2021 14:30
Makan Pizza saat Hamil, Boleh Nggak ya?
Moms juga penggemar pizza? Simak ulasannya, ya.

Siapa nih yang doyan banget sama pizza? Pizza memang jadi salah satu makanan favorit banyak orang bahkan dari berbagai kalangan. Apalagi dengan berbagai varian topping yang menggugah selera.

Meski lezat, nggak sedikit ibu hamil yang khawatir nih untuk mengonsumsi pizza selama kehamilan. Memang, banyak yang merekomendasikan agar bumil menghindari junk food termasuk pizza saat hamil.

Tapi sebenarnya boleh nggak sih ibu hamil makan pizza? Dikutip dari Parenting Firstcry, langung saja simak ulasannya yuk.

1 dari 4 halaman

Boleh Nggak sih Bumil Makan Pizza?

Ilustrasi ibu hamil makan pizza © Diadona

Seperti yang kita tahu, pizza termasuk ke dalam junk food Moms. Junk food sendiri sebenarnya bukan pilihan makanan terbaik untuk dikonsumsi selama kehamilan mengingat sederet risiko yang bisa ditimbulkan, salah satunya obesitas.

Gimana nih untuk pizza? Bila pizza yang Moms konsumsi dibuat sendiri atau dari toko yang memiliki standar kualitas bahan yang baik, Moms masih bisa kok mengonsumsinya sesekali.

Bila Moms makan pizza saat hamil, direkomendasikan buat Moms memilih pizza dengan topping yang seimbang ya antara sayuran dan daging atau keju. Nggak hanya bisa memuaskan rasa ngidam Moms, pilihan ini juga memastikan Moms mendapat nutrisi yang dibutuhkan.

2 dari 4 halaman

Gimana Cara Makan Pizza yang Aman saat Hamil?

Ilustrasi Pizza © Diadona

Saat hamil tentu penting buat Moms memperhatikan segala makanan yang dikonsumsi. Begitu juga saat makan pizza. Bagaimana cara makan pizza yang aman saat hamil?

1. Hanya makan pizza yang dimasak dan dipanaskan secara menyeluruh. Hal ini karena panas bisa membantu membunuh sebagian besar bakteri yang mungkin dibawa oleh topping tertentu.

2. Direkomedasikan buat Moms membeli pizza di tempat yang Moms percaya menyediakan makanan berkualitas baik.

3 dari 4 halaman

Ilustrasi Pizza Teflon Rumahan © Diadona

3. Makan pizza selagi fresh. Karena, menyimpan pizza dalam waktu yang lama bisa meningkatkan risiko pembentukan kembali bakteri.

4. Bila Moms penyuka pizza dengan daging atau olahan laut sebagai toppingnya, pastikan bahan makanan itu dimasak dengan baik.

5. Sebisa mungkin pilih pizza dengan topping sayuran karena mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan bumil.

4 dari 4 halaman

6. Disarankan hanya makan satu atau dua potong pizza karena porsi ini bisa dibilang seimbang daripada makan satu pizza secara utuh.

Memang, rasa pizza sangat menggugah selera bagi sebagian orang. Meski begitu, akan lebih baik bila Moms " puasa" mengonsumsi pizza lebih dulu selama kehamilan demi kesehatan Moms dan buah hati. Semoga membantu.

Beri Komentar