Mana yang Lebih Baik, Bayi Tidur Dalam Keadaan Gelap atau Terang?

Reporter : Prisma Difta
Jumat, 26 Februari 2021 08:16
Mana yang Lebih Baik, Bayi Tidur Dalam Keadaan Gelap atau Terang?
simak ya moms penjelasannya

Kita tahu bahwa, tidur adalah sebuah kebutuhan untuk manusia, tidak terkecuali pada bayi yang baru lahir. Kualitas tidur untuk bayi sangatlah penting untuk menjaga tumbuh kembang anak kesehatan yang optimal. Tentu saja, jika bayi tidak tidur secara teratur dan tak optimal membuat aktivitas ibu juga terganggu.

Penggunaan lampu kamar tentunya juga berpengaruh kepada kualitas tidur si kecil, apakah bayi yang baru lahir lebih efektif tidur dalam keadaan ruangan terang atau gelap? Berikut ini penjelasannya menurut Diadona.

1 dari 3 halaman

Keutamaan tidur di ruangan gelap

Beberapa ahli mengatakan bahwa bayi yang baru saja lahir lebih baik ditidurkan dalam ruangan yang gelap. Hal ini dikarenakan, ruangan gelap memicu si kecil untuk terlelap dan tidur

Diketahui, tubuh si kecil memproduksi hormon melatonin yang nantinya berfungsi untuk mengontrol siklus bangun dan tidurnya si kecil. Apabila hormon tersebut diproduksi secara optimal, maka kualitas tidur si kecil juga akan membaik dan tentu nantinya akan berpengaruh dalam tumbuh kembang anak.

 

2 dari 3 halaman

Tidur di ruangan terang membuat bayi sulit tidur

kita tahu bahwa, selama 9 bulan bayi tinggal di dalam rahim ibu dengan keadaan yang gelap tanpa cahaya, hal itu membuat si kecil lebih terbiasa dengan keadaan ruangan yang serupa setelah ia dilahirkan. Kondisi kamar yang ternag membuat bayi terganggu dan sulit tidur.

Bayi juga masih bingung menentukan kondisi pagi maupun malam hari, sehingga ruangan gelap tentunya akan mempermudah si kecil untuk mengenali waktu malam, dan sebaliknya, ruangan yang terang membuat si kecil mengetahui bahwa itu adalah siang hari.

Selain itu, jika bayi mengetahui kondisi tersebut dengan benar, itu akan memudahkan ibu untuk mengontrol jadwal tidur si kecil dengan konsisten.

3 dari 3 halaman

Semoga membantu!

 

Beri Komentar