Manfaat Pijat Rahim Setelah Melahirkan, Sudah Coba Moms?

Pregnancy | Jumat, 1 Oktober 2021 11:57

Reporter : Mila Ismiranda

Pijat setelah melahirkan punya banyak manfaat, lho.

Setelah melahirkan, biasanya para perempuan fokus mengurus sang bayi, tapi lupa untuk merawat dirinya sendiri. Padahal tubuh Moms baru saja melalui proses panjang yang melelahkan sejak kehamilan dan perlu istirahat serta perawatan agar cepat pulih.

Salah satu perawatan yang baik untuk dilakukan setelah melahirkan adalah pijat rahim. Pemijatan ringan dan perlahan pada area perut ini bisa dilakukan segera setelah persalinan hingga akhir periode nifas.

Berikut manfaat pijat rahim setelah melahirkan:

Manfaat Pijat Rahim Setelah Melahirkan, Sudah Coba Moms?
2 dari 7 halaman

Membantu Penyesuaian Organ Pasca Melahirkan

Melansir Heatlhline, pada masa kehamilan, organ tubuh Moms melakukan berbagai penyesuaian terhadap hadirnya sang janin. Setelah melahirkan, organ tubuh perlu kembali pada posisi dan ukuran awal.

Meski organ tubuh tersebut bisa kembali dengan sendirinya, pijat rahim membantu mempercepat proses penyembuhan dan penyesuaiannya.

3 dari 7 halaman

Melancarkan Sirkulasi Darah

Pijat pada dasarnya bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, termasuk dengan pijat rahim. Pijatan lembut di area perut pasca melahirkan bisa memicu pembuluh darah yang tegang atau terhambat alirannya di sekitar area tersebut kembali lancar.

4 dari 7 halaman

Membantu Proses Ekskresi Tubuh

Setelah melahirkan, Moms akan mengeluarkan darah, lendir, dan jaringan plasenta dari tubuh. Zat-zat ini dieksresi melalui perdarahan nifas sekitar 2-6 minggu, tergantung tiap orang.

Dengan pijat rahim, Moms bisa mengeluarkan berbagai sisa-sisa zat tersebut dengan lebih cepat dan efektif.

5 dari 7 halaman

Relaksasi Otot Rahim

Efek paling nyata dari pijat di bagian manapun adalah rileks. Selain baik untuk meredakan stress pasca persalinan, pijat rahim juga bisa mempercepat pemulihan otot di sekitar rahim dan meminimalisir risiko terjadinya kondisi prolapseuteri (turunnya posisi rahim hingga menonjol keluar vagina akibat gangguan otot dasar pelvis).

6 dari 7 halaman

Meningkatkan Kualitas Tidur

Pijat rahim bisa memicu produksi empat hormon bahagia tubuh dan menekan hormon stress. Risiko terjadinya berbagai gangguan mental pasca melahirkan seperti baby blues, depresi, dan kecemasan postpartum akan semakin minim.

Jika hati senang dan pikiran tenang, maka membuat tidur lebih mudah dan nyenyak setelah melahirkan.

7 dari 7 halaman

Hanya untuk yang Melahirkan Normal

Perlu diingat ya Moms, pijat rahim sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional. Pijat rahim juga harus dilakukan secara sangat hati-hati, atas persetujuan dokter yang bertanggung jawab menangani Moms.

Selain itu, sangat tidak dianjurkan untuk Moms yang melahirkan dengan prosedur caesar, ya.

Join Diadona.id