Masih Bingung Perbedaan Kembar Identik dan Fraternal? Ini Lho Jawabannya

Reporter : Prisma Difta
Rabu, 18 November 2020 09:00
Masih Bingung Perbedaan Kembar Identik dan Fraternal? Ini Lho Jawabannya
simak ya moms

Untuk beberapa pasangan, bayi kembar adalah idaman bagi mereka karena selain bisa membesarkan dua anak sekaligus mereka juga akan menambah kebahagiaan dalam rumah tangga anatar ibu dan ayah. 

Meskipun banyak resiko saat mengandung bayi kembar, namun, sudah banyak dokter spesialis yang memantau perkembangan janin pada ibu. DIketahui juga, bayi kembar ternyata ada dua sebutan lho untuk membedakannya, yaitu bayi kembar identik dan bayi kembar fraternal (non-identik). Bagaimana perbedaan antara keduanya?

1 dari 2 halaman

Perbedaannya

Bayi kembar identik dihasilkan dari satu sperma satu membuahi satu sel telur dan membelah menjadi dua janin, pembelahan tersebut terjadi pada hari pertama dan keempat pembuahan pada ibu. Tak jarang, kembar identik memiliki kemiripan wajah dan sifat.

Sedangkan, kembar fraternal terjadi saat sperma membuahi sel telur secara terpisah kemudian menjadi dua plasenta yang berbeda. Tak jaranf kondisi ini membuat bayi berbeda jenis kelamin hingga berbeda paras.

 

 

 

2 dari 2 halaman

Kembar fraternal memiliki presentase yang tinggi lho daripada kembar identik. Rata-rata kelahiran bayi kembar fraternal di dunia adalah 6 hingga 20 dari 1.000 kelahiran. Jadi, dari setiap 100 kelahiran bayi kembar fraternal, 50 bayi memiliki jenis kelamin yang berbeda.

Gimana menurut kalian? semoga bermanfaat

 

Beri Komentar