Membungkuk saat Hamil, Apa sih Risiko yang Bisa Dialami Ibu?

Reporter : Devi Puspitasari
Kamis, 12 November 2020 06:30
Membungkuk saat Hamil, Apa sih Risiko yang Bisa Dialami Ibu?
Apa saja ya risikonya?

Selama kehamilan, Moms tentu akan mengalami banyak perubahan fisik maupun emosional. Perubahan fisik ini tentu akan mempengaruhi beberapa aktivitas sehari-hari ibu hamil. Salah satunya mengenai membungkuk.

Mungkin pada trimester pertama, hal ini bukan jadi masalah yang besar. Tapi seiring perut yang membesar, membungkuk jadi tantangan tersendiri bagi ibu hamil.

Tapi sebenarnya apa sih risiko yang bisa dialami ibu hamil saat membungkuk? Dikutip dari Parenting Firstcry, simak yuk Moms ulasannya di bawah ini.

1 dari 6 halaman

Aman Nggak sih Membungkuk Selama Kehamilan?

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Bagi wanita yang memiliki kehamilan yang sehat tanpa komplikasi apapun, membungkuk jarang membahayakan kesehatan ibu maupun bayi Moms.

Hal ini nggak lepas dari adanya cairan ketuban yang menjadi semacam bantalan janin dan memungkinkannya menggerakkan anggota tubuh saat ibu membungkuk.

Tapi, seiring usia kehamilan, baby bump yang semakin membesar mungkin akan membuat ibu hamil jadi sulit membungkuk.

2 dari 6 halaman

Membungkuk pada Trimester Pertama

Pada trimester pertama, membungkuk mungkin bukan jadi perkara yang sulit. Tubuh ibu hamil masih fleksibel dan baby bump juga masih belum terlalu besar.

Membungkuk di trimester pertama bisa dikatakan aman Moms kecuali bila memang dokter secara khusus meminta Moms untuk nggak melakukan aktivitas satu ini.

3 dari 6 halaman

Risiko Membungkuk saat Hamil

Saat kehamilan berlanjut ke trimester ketiga, perut Moms akan semakin membesar. Bila Moms tetap memaksakan untuk membungkuk pada trimester ini, ada sederet risiko yang mungkin saja bisa terjadi. Apa saja risikonya?

1. Jatuh

Ilustrasi ibu hamil jatuh © Diadona

Perut yang besar bisa membuat Moms kehilangan keseimbangan saat mencoba membungkuk. Bila Moms tersandung dan jatuh, Moms mungkin akan mengalami cedera pada perut yang bisa menyebabkan solusio plasenta, pendarahan, bahkan keguguran.

4 dari 6 halaman

2. Pusing

Membungkuk ke depan menyebabkan aliran darah menuju ke kepala sehingga bisa membuat Moms merasa pusing. Rasa pusing ini bisa membuat Moms kehilangan keseimbangan dan berujung bahaya.

3. Mulas

Saat Moms membungkuk, perut Moms akan tertekan dan bisa menyebabkan asam lambung yang bisa memicu rasa mulas. Selian itu, asam lambung yang mengalir kembali ke kerongkongan akan meninggalkan rasa tidak enak di lidah.

5 dari 6 halaman

4. Sakit Punggung

Ilustrasi ibu hamil sakit pinggang © Diadona

Sakit punggung memang jadi salah satu masalah umum selama kehamilan, dan membungkuk memberi tekanan ekstra pada punggung Moms. Selain itu, membungkuk pada trimester ini juga bisa memperburuk nyeri punggung pada ibu hamil.

Karena berbagai risiko di atas sebaiknya hindari situasi yang mengharuskan Moms membungkuk ya. Moms bisa meminta bantuan dari orang lain bila memang diperlukan.

Beri Komentar