Mengenal Lebih Banyak Cinderella Syndrom Pada Ibu Hamil

Reporter : Prisma Difta
Sabtu, 22 Mei 2021 08:12
Mengenal Lebih Banyak Cinderella Syndrom Pada Ibu Hamil
Simak yuk moms

Kalian semua pasti tau dengan kisah Cinderella bukan? Kisah fantasi tersebut yang menceritakan tentang seorang wanita miskin yang tiba-tiba menjadi cantik dalam semalam tersebut ternyata terbukti beneran ada lho

Hal inilah yang dinilai oleh seorang ahli psikiatri bernama Colette Dowling sebagai latar belakang dari teori Cinderella Complex (CC) atau Cinderella Syndrome. Ini jawabannya moms

1 dari 2 halaman

Apa itu Cinderella Syndrom

Menurut New York Times, para perempuan cenderung bertumbuh menjadi sosok yang bergantung dengan orang lain, terutama laki-laki, sehingga hal tersebut akan mempersulit dirinya saat ditempatkan pada situasi di mana perempuan harus menghadapi masalah seorang diri.

Umumnya, masalah tersebut muncul karena rasa takut akan hal-hal yang dibayangkan mungkin saja terjadi apabila ia harus menghadapi segala sesuatu seorang diri.

2 dari 2 halaman

Cinderella Syndrom pada Ibu hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Ketika Ibu sedang menjalani proses kehamilan, berbagai perubahan kondisi fisik dan emosi tentu akan menjadi salah satu peralihan dari banyaknya wujud transformasi yang ditunjukan sebagai reaksi tubuh dan kondisi psikologi mama.

Salah satunya, Ibu dapat mengalami perubahan emosi di mana Ibu yang semula biasa-biasa saja, tiba-tiba merasa gejolak di mana Ibu sangat membutuhkan sosok Papa sebagai laki-laki yang didambakan untuk menjadi pelindung saat menjalani proses kehamilan.

Alhasil, Mama akan cenderung menunjukkan berbagai sikap yang berlebihan, seperti menuntut kehadiran papa setiap waktu dan selalu ingin dimanja.

Wah, Apakah ibu pernah mengalami hal serupa?

Beri Komentar