Meski Lebih Segar, Makan Tauge Mentah saat Hamil Ternyata Bahaya Bagi Bayi Moms

Pregnancy | Selasa, 20 Oktober 2020 06:30
Meski Lebih Segar, Makan Tauge Mentah saat Hamil Ternyata Bahaya Bagi Bayi Moms

Reporter : Devi Puspitasari

Ternyata, makan tauge mentah perlu dihindari Moms selama kehamilan.

Tauge mentah tentu sudah familiar ya dalam berbagai olahan khas Indonesia. Rasa fresh dari tauge mentah sendiri memang lebih digemari dalam makanan. Meski tauge mentah kaya manfaat seperti baik bagi jantung dan bisa mengontrol kandungan gula darah, nyatanya makan tauge mentah sangat nggak disarankan lho Moms selama kehamilan.

Melansir dari Baby Center, menurut badan pengawas obat dan makanan Amerika (FDA) makan tauge mentah nyatanya nggak aman bagi wanita selama kehamilan. Hal ini berlaku juga pada kecambah. Kenapa ya kira-kira sebabnya?

2 dari 5 halaman

Penyebab Makan Tauge Mentah Berbahaya

 Ilustrasi taugeIlustrasi tauge © healthline.com

Ternyata, adanya bakteri termasuk Salmonella, Listeria dan E. coli yang bisa masuk ke dalam tunas biji lewat retakan pada cangkangnya jadi alasannya Moms. Begitu bakteri ini berada dalam benih, ia akan terus tumbuh di kondisi hangat dan lembab sama dengan dimana kecambah tumbuh.

Gimana bila kita menanam tauge sendiri? Sayangnya, hal ini tetap nggak aman Moms. Bahkan bila Moms menanam tauge atau kecambah dalam kondisi lingkungan yang bersih sekalipun.

3 dari 5 halaman

Risiko Makan Tauge Mentah selama Kehamilan

Makan tauge mentah sendiri bisa berbahaya bagi ibu hamil. Bahkan bakteri Listeria bisa menyebabkan keguguran, bayi lahir mati, kelahiran prematur, bahkan infeksi yang bisa mengancam jiwa bayi yang baru lahir.

Begitu juga dengan bakteri Salmonella dan E. coli yang bisa menyebabkan penyakit serius dan bisa berakibatkan fatal.

 Ilustrasi ibu hamilIlustrasi ibu hamil © dnagyn.com

4 dari 5 halaman

Meski berisiko, bukan berarti Moms sama sekali nggak bisa makan tauge ya. Moms boleh kok makan kecambah atau tauge saat hamil asal pastikan bila sayuran satu ini dimasak sampai benar-benar matang atau pada suhu sekitar 165 derajat F.

Hal ini dimaksudkan agar mengurangi risiko komplikasi kehamilan secara signifikan. Karena itu, sangat penting memastikan bahwa kecambah benar-benar dimasak secara matang ya Moms sebelum dikonsumsi agar memastikan bahwa bakteri di dalamnya sudah mati.

Join Diadona.id