Mitos atau Fakta Minum Es Saat Hamil Menyebabkan Bayi Lahir Gendut? Ini Faktanya

Reporter : Prisma Difta
Kamis, 24 Juni 2021 10:09
Mitos atau Fakta Minum Es Saat Hamil Menyebabkan Bayi Lahir Gendut? Ini Faktanya
Simak moms

Selama menjalani kehamilan, kita mungkin akan mendengar banyak sekali pantangan. Berbagai mitos keluar masuk telinga kita. Bila kita menelan mentah-mentah semua mitos yang ada, kita malah akan dibuat cemas dan makin tidak nyaman selama menjalani kehamilan.

Salah satu pantangan yang kerap kita dengar adalah larangan untuk minum es saat kehamilan. Konon bila ibu minum es saat hamil, bayi yang lahir nanti akan gemuk. Hm, benarkah demikian?

1 dari 2 halaman

Faktanya adalah

Dikutip dari buku 9 Bulan Menjalani Kehamilan dan Persalinan yang Sehat, mitos minum es dan manis menyebabkan janin menjadi besar jawabannya adalah tidak benar. Perlu diluruskan kembali bahwa es adalah air yang dibekukan. Dengan kata lain, air tidak mengandung kalori.

Sebenarnya, masalah baru bisa saja muncul ketika es tersebut diminum dengan aneka campuran seperti pemanis, sirup, santan, dan buah-buahan dengan kadar gula yang tinggi.

Misalnya, dalam konsumsi es teler, bahan penyerta es teler inilah yang berkalori tinggi dan bisa menyebabkan kegemukan. Tapi yang gemuk bukanlah janin dalam kandungan melainkan ibu yang mengonsumsinya. Besar kecilnya bayi lebih banyak dipengaruhi oleh faktor keturunan.

 

2 dari 2 halaman

Sebaliknya, jika ibu terlalu banyak mengonsumsi gula atau makanan dan minuman yang mengandung gluten sebenarnya memang kurang baik. Perhatikan juga kandungan gula atau pemanis yang dikonsumsi dan jangan terlalu berlebihan mengonsumsinya.

Perhatikan juga kondisi tubuh. Bila dirasa kondisi tubuh kurang fit atau merasa seperti akan sakit flu, sebaiknya hindari minuman ber-es batu. Tetap jaga pola makan dan konsumsi makanan serta minuman sehat untuk menjaga kondisi kehamilan senantiasa baik tanpa komplikasi.

Semoga membantu

Beri Komentar