Moms, Yuk Pelajari 6 Teknik Pernapasan untuk Mengurangi Nyeri Persalinan

Reporter : Mila
Kamis, 3 Juni 2021 09:57
Moms, Yuk Pelajari 6 Teknik Pernapasan untuk Mengurangi Nyeri Persalinan
Penting untuk mempelaji ke-enam teknik ini sebelum persalinan tiba.

Rasa sakit selama kontraksi berlangsung jelang melahirkan memang sulit digambarkan. Tapi, Moms jangan khawatir. Bagi Moms yang sedang menantikan 'launching'-nya sang buah hati, ada baiknya mempelajari dulu teknik pernapasan.

Teknik pernapasan yang baik selama melahirkan diyakini bisa mengurangi kecemasan, meningkatkan oksigenasi, dan mendorong Moms tetap aktif selama persalinan. Dengan begitu, tubuh akan memproduksi banyak hormon penghilang rasa sakit, endorfin, yang punya efek menenangkan dan bikin rileks.

Lansung aja simak 6 teknik latihan pernapasan melahirkan berikut ini:

1 dari 6 halaman

Teknik Pernapasan Perut

Ambil napas dalam-dalam melalui hidung dan biarkan perutmu menggembung. Setelah itu, embuskan napas melalui bibir (seperti sedang bersiul). Gunakan tangan untuk menekan perut dengan lembut, supaya semua udara keluar.

Moms bisa menggunakan teknik pernapasan perut ini di tahap awal persalinan, di antara waktu kontraksi atau saat kontraksi. Lakukanlah sambil menenangkan pikiran.

2 dari 6 halaman

Teknik Ri dan Leks

Saat mengambil napas, Moms bisa memikirkan kata “ ri”. Saat mengembuskan napas, pikirkan “ leks”. Saat melakukan pernapasan ini, cobalah untuk tetap tenang dan lepaskan ketegangan pada tubuh dan pikiran Moms.

3 dari 6 halaman

Teknik Berhitung

Sambil menarik dan mengembuskan napas, Moms bisa sambil menghitung. Misalnya, saat menarik napas, hitung 1, 2, 3, 4. Kemudian saat mengembuskannya, hitung 5, 6, 7, dan 8.

4 dari 6 halaman

Teknik Embusan Mulut Panjang

Ambillah napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Saat mengembuskan napas, lakukan dengan lembut dan perlahan. Moms bisa mengembuskan napas panjang sambil mengeluarkan suara seperti “ uuuuuuhhh”.

5 dari 6 halaman

Teknik Pant-pant Blow

Ketika kontraksi, lakukan teknik pernapasan bernama pant-pant blowing. Caranya dengan menarik napas dalam-dalam melalui hidung, lalu keluarkan dalam dua kali embusan pendek dan diakhiri dengan embusan panjang.

Teknik pernapasan ini mungkin bisa terdengar seperti “ huu huu huuuuuuuu”.  Setiap 10 detik, usahakan bernapas sebanyak 5-20 kali. Lakukan ini hingga kontraksi berhenti.

6 dari 6 halaman

Teknik Pernapasan Transisi

Memasuki tahapan kedua persalinan, Moms akan merasakan bayi yang mulai terdorong keluar. Ketika dorongan untuk mengejan muncul, mulailah mengejan. Lakukan beberapa kali pengejanan di setiap kontraksinya.

Di antara waktu mengejan, ambillah napas beberapa kali. Hitung sampai lima saat Moms mengejan, kemudian ambil napas dalam-dalam. Setelah itu, baru kembali mengejan.

Hindari menahan napas dan mengejan lebih dari 5 detik, karena bisa merusak bagian dasar panggul.

Kalau sering berlatih mulai dari sekarang, maka saat melahirkan nanti sudah terbiasa. Semoga informasi ini bermanfaat ya!

Beri Komentar