Nada Suara Wanita Jadi Berubah saat Hamil, Kenapa Bisa Gitu ya?

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 11 September 2020 14:30
Nada Suara Wanita Jadi Berubah saat Hamil, Kenapa Bisa Gitu ya?
Apa sih penyebabnya?

Selama masa kehamilan, calon ibu biasanya mengalami banyak perubahan dalam tubuh. Nggak hanya perubahan fisik, tapi nggak sedikit juga ibu yang mengalami perbahan suara. Mungkin Moms juga salah satunya.

Nggak jarang nih suara ibu jadi lebih rendah saat hamil. Kira-kira, perubahan ini normal nggak sih terjadi pada ibu hamil dan apa sih penyebabnya? Daripada penasaran, langsung saja yuk Moms kita simak ulasannya berikut ini.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Melansir dari Parents, peneliti mengungkap " vocal masculizing" atau saat suara wanita jadi lebih rendah dan lebih monoton ini cukup umum terjadi alias normal Moms saat trimester ketiga sampai beberapa saat setelah melahirkan.

Beberapa ibu hamil biasanya mengalami penurunan nada suara sehingga suara mereka terdengar lebih maskulin Moms. Tapi tenang, perubahan ini nggak terlalu signifikan kok Moms.

2 dari 4 halaman

Apa sih penyebabnya?

Ada beberapa penyebab yang bisa mengubah nada, kualitas, dan tingkat gangguan suara Moms selama kehamilan. Nah, apa saja itu?

1. Pembengkakan Akord Vokal

Moms mungkin mengalami pembengkakan di lengan, kaki, wajah, dan kadang jaringan pita suara juga ikut membengkak. Nah, pembengkakan ini bisa menekan pita suara dan mengubah kualitas suara Moms.

2. Hormon Kehamilan

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Perubahan kadar hormon dalam tubuh bisa dibilang memberikan banyak perubahan pada calon ibu selama kehamilan ya Moms. Lonjakan hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh bisa memengaruhi tubuh wanita hamil Moms dan ketidakseimbangan hormon ini juga memengaruhi kualitas suara.

3 dari 4 halaman

3. Lebih Banyak Cairan Tubuh

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Selama kehamilan, cairan tubuh kita meningkat sekitar 50 persen. Meningkatnya cairan dalam tubuh ini bisa mengubah atau memperdalam suara Moms.

Kenapa? Karena jumlah cairan yang berlebihan (lendir) terkadang terkumpul di dekat pita suara yang bisa mengurangi laju getaran. Nah, getaran yang lebih lambat bisa memperdalam suara kita.

4. Perubahan Kapasitas Paru-paru

Saat bayi tumbuh di dalam rahim, ia mungkin mendorong organ dalam ibu ke atas, termasuk juga diafragma. Hal ini bisa membuat Moms mengalami masalah pernapasan, kelelahan vokal, penurunan kapasitas paru-paru, dan perubahan suara.

4 dari 4 halaman

5. Rentang Suara Berubah

Pembuluh darah di seluruh tubuh akan membesar Moms selama kehamilan untuk membawa peningkatan suplai darah ke berbagai bagian tubuh. Hal ini juga bisa terjadi pada pembuluh pita suara, yang akhirnya bisa membuat otot pita suara jadi rapuh sehingga lebih rentan pecah dan robek. Hal ini bisa menyebabkan suara berubah selama kehamilan.

Nah, jadi jangan khawatir ya Moms bila suara tiba-tiba berubah saat hamil. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar