Pahami Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan untuk Ibu Hamil

Reporter : Riza Umami
Kamis, 11 Juni 2020 19:17
Pahami Penyebab dan Cara Mengatasi Keputihan untuk Ibu Hamil
Beberapa cara mengatasi keputihan untuk bumil.

Wajar-wajar saja sebenarnya bila ibu hamil mengalami keputihan. Oleh sebab itu Mom tak perlu terlalu khawatir. Namun, mungkin keputihan ini akan menyebabkan jadi tak nyaman sehingga perlu dipahami apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Dilansir dari laman alodokter.com, keputihan saat hamil ini disebabkan karena saat hamil, leher rahim dan dinding vagina jadi lebih lembut. Hal ini pun akan menyebabkan produksi lendir vagina jadi lebih banyak daripada biasanya.

1 dari 2 halaman

Produksi lendir yang lebih banyak ini pun yang menyebabkan keputihan. Selain itu, hal ini juga dipengaruhi karena tingginya kadar hormon estrogen di dalam tubuh yang terjadi selama masa kehamilan.

Yang terpenting, keputihan yang sedang dialami tersebut berwarna bening atau putih susu dan hanya sedikit berbau. Itu masih normal. Namun, jika ada perubahan warna dengan warna kuning, hijau atau bahkan merah, bisa menjadi tanda bahwa ada gangguan kehamilan atau bahkan gejala infeksi.

2 dari 2 halaman

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi keputihan ini misalnya yaitu dengan mengganti pakaian dalam lebih sering daripada biasanya. Perhatikan pula pakaian dalam yang digunakan, akan lebih baik jika menggunakan bahan dari katun alami.

Selain itu bisa juga dengan mengonsumsi yoghurt karena jenis makanan yang satu ini bisa mengatasi keputihan cukup baik. Jika keputihan yang dialami makin parah, ada baiknya untuk segera konsultasi pada dokter kandungan. Semoga masalah keputihannya segera teratasi ya Mom.

Beri Komentar