Pakai Kloset Jongkok saat Hamil, Aman Gak ya?

Reporter : Mila
Rabu, 9 Juni 2021 08:57
Pakai Kloset Jongkok saat Hamil, Aman Gak ya?
Untuk Moms yang lagi hamil tua, harus perhatikan nih!

Semakin bertambah usia kehamilan, maka membuat berbagai hal-hal sederhana menjadi sulit untuk dilakukan. Tak terkecuali urusan buang hajat. Hal ini lebih menantang dan sulit lagi apalagi kalau di rumah menggunakan kloset jongkok.

Oleh karena itu, tak sedikit Moms yang khawatir terhadap penggunaan kloset jongkok saat hamil tua. Dengan kondisi perut yang sudah besar, maka ditakutkan terjadi kontraksi.

Lalu, apakah aman penggunaan kloset jongkok ketika hamil tua? Simak penjelasan berikut!

1 dari 2 halaman

Amankah Ibu Hamil Menggunakan Kloset Jongkok?

Bertentangan dengan kepercayaan yang ada, nyatanya penggunaan toilet jongkok saat hamil itu aman. Malah terbukti baik untuk ibu hamil dan janinnya di dalam kandungan. 

Tapi, kalau terjadi insufisiensi serviks atau ancaman persalinan prematur, biasanya dokter akan melarang penggunaan toilet jongkok. Apabila masih ragu, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan untuk menurunkan berbagai risiko yang ada. 

2 dari 2 halaman

Tips Aman Menggunakan Toilet Jongkok saat Hamil

Meskipun menggunakan kloset jongkok tidak berbahaya bagi ibu hamil, tapi tetap harus berhati-hati dan memastikan semuanya memenuhi kebutuhan selama hamil. Berikut yang harus diperhatikan saat menggunakan kloset jongkok:

  • Pastikan area toilet kering dan bersih untuk menghindari terpeleset dan jatuh.
  • Untuk membantu keseimbangan Moms saat jongkok, pasang pegangan di setiap sisi kamar mandi.
  • Pastikan air yang akan digunakan dalam keadaan bersih. Selain itu, ibu hamil bisa menjangkaunya dengan mudah.
  • Jaga area punggung tetap lurus saat berjongkok. Mungkin akan sedikit sulit pada awalnya, tetapi akan lebih mudah seiring berjalannya waktu. Cara ini akan membantu menjaga keseimbangan agar tidak mudah jatuh.

Itu tadi informasi seputar penggunaan kloset jongkok saat hamil. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar