Pasca Bersalin Perut Masih Terlihat seperti Hamil, Kenapa ya?

Reporter : Mila I
Selasa, 15 Juni 2021 09:57
Pasca Bersalin Perut Masih Terlihat seperti Hamil, Kenapa ya?
Udah melahirkan tapi kok masih buncit kayak masih hamil ya?

Ketika baru melahirkan, Moms mungkin terkejut ketika melihat perut sendiri. Sang buah hati sudah lahir, tapi kok perut masih terlihat seperti hamil? Hal ini jelas membuat khawatir dan pastinya menurunkan rasa percaya diri.

Apakah perut buncit setelah melahirkan ini normal? Kira-kira berapa lama perut Moms akan kembali seperti semula? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, langsung aja simak artikel selengkapnya di bawah!

1 dari 3 halaman

Kenapa Perut Masih Terlihat seperti Hamil meski Sudah Melahirkan?

Saat bayi lahir, perubahan hormon menyebabkan rahim berkontraksi dan menyusut kembali ke keadaan sebelum hamil. Namun hal ini membutuhkan waktu, terutama bagian perut.

Semua sel dalam tubuh yang membengkak selama kehamilan mulai melepaskan cairan ekstra, yang dikeluarkan dari tubuh melalui urine, cairan vagina, dan keringat. Lemak ekstra yang digunakan untuk memberi makan bayi mulai terbakar. Tetapi perlu setidaknya beberapa minggu untuk melihat hasilnya.

2 dari 3 halaman

Tiap Perempuan Berbeda-beda

Kecepatan dan tingkat transisi ini tergantung pada ukuran tubuh normal, berapa banyak berat badan yang bertambah selama kehamilan, seberapa aktif, dan faktor genetik.

Jika kenaikan berat badan selama kehamilan tidak lebih dari 13 kg, berolahraga secara teratur selama kehamilan, menyusui, dan hanya memiliki satu anak, akan membuat Moms cenderung lebih mudah mengecilkan tubuh seperti semula lagi.

Sedangkan, jika tidak menyusui maka Moms harus memerhatikan berapa banyak makanan yang dikonsumsi dan seberapa rutin olahraga yang dilakukan.

3 dari 3 halaman

Cara Terbaik untuk Mengecilkan Perut Buncit Pasca Melahirkan

Menyusui sangat membantu, terutama pada bulan-bulan awal setelah melahirkan. Moms yang menyusui membakar kalori ekstra untuk memproduksi ASI, sehingga mereka biasanya kehilangan berat kehamilan lebih cepat daripada Moms yang tidak menyusui.

Olahraga juga membantu. Baik sekadar berjalan-jalan di sekitar rumah, ikut kelas yoga, atau aktivitas fisik mengencangkan otot perut dan membakar kalori.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya, Moms!

Beri Komentar