Persalinan Caesar Ternyata Tingkatkan Potensi Alergi Pada Bayi, Apakah Benar?

Reporter : Prisma Difta
Selasa, 8 September 2020 09:11
Persalinan Caesar Ternyata Tingkatkan Potensi Alergi Pada Bayi, Apakah Benar?
Simak lebih lanjut ya moms

Banyak ibu yang memilih untuk melahirkan dengan cara normal, namun, karena berbagai hal yang tak dapat ditangani saat menjelang persalinan, dokter biasanya menyarankan persalinan secara caesar atau operasi.

Banyak yang mengatakan bahwa persalinan caesar memiliki banyak kekurangan, salah satunya adalah pemicu alergi pada calon bayi. Apa itu benar?

 

1 dari 2 halaman

1. Bayi Caesar Tak Mendapatkan Bakteri Baik

Menurut salah seoran dokter spesialis, bayi yang melalui persalinan dengan cara normal akan menghasilan akteri baik sedangkan bayi yang melalui persalinan caesar tidak mendapatkan bakteri tersebut, sehingga jika kulitnya terkena paparan di lingkunan operasi dapat menyebabkan erbedaan komposisi bakteri atau mikrobiota saluran cerna.


" saat melewati jalan lahir, bayi akan terpapar bakteri baik dari vagina ibu, itulah yang memacu sistem kekebalan tubuh bayi," ucap Prof. Dr. Moh. Juffrie, SpA (K),PhD.

 

2 dari 2 halaman

2. Rentan Terkena Alergi dan Asma

Dermatitis atopik atau eksim sering didapati pada bayi yang lahir dengan cara caesar, ruam kulit kemerah-merahan dan juga pecah-pecah dan kering adalah indikasinya.

Selain itu bayi yang terlahir dengan cara caesar juga rentan dengan penyakit asma, telebih jika memiliki riwayat penyakit keturunan.

" ..pada persalinan caesar terjadi ketidakseimbangan mikrobiota dalam sistem gastrointestinal yang memicu risiko terjadinya gangguan imunitas, termasuk alergi terhadap makanan,” ungkap Prof. Juffrie.

Untuk mengurangi kondisi-kondisi buruk tersebut, baiknya ibu konsultasikan pada dokter ya, semoga membantu.

Beri Komentar