Pijat Kaki Sendiri saat Hamil? Ini 2 Bagian yang Harus Dihindari Moms

Pregnancy | Sabtu, 19 September 2020 06:30
Pijat Kaki Sendiri saat Hamil? Ini 2 Bagian yang Harus Dihindari Moms

Reporter : Devi Puspitasari

Area mana saja ya itu Moms?

Saat hamil, kadang ada kalanya kaki kita terasa sakit atau nyeri ya Moms setelah beraktivitas seharian. Biasanya bila merasa nyeri seperti ini, langsung dong kita refleks memijat.

Tapi tunggu Moms, ternyata memijat kaki saat hamil nggak boleh sembarangan lho. Ada beberapa titik yang sebaiknya dihindari saat ibu hamil ingin memijat kaki. Bagian mana saja itu? Berikut ulasannya yang dilansir dari laman Insider.

2 dari 6 halaman

 ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © thepodiatrygroup.com

Sebelum kita membahas bagian kaki yang harus dihindari, kira-kira mengapa sih pijatan dan tekanan yang terlalu keras pada kaki bisa jadi masalah bagi ibu hamil?

Menurut Eldyka Simpson, seorang terapis pijat bersertifikat, ahli akupunktur sekaligus doula ini mengatakan rangsangan yang kuat pada titik-titik tertentu di kaki bisa mendorong kontraksi rahim dan pematangan serviks. Sederhananya, semua ini dihindari untuk mencegah terjadinya kelahiran prematur Moms.

 

3 dari 6 halaman

Hal ini juga berlaku pada terapis berpengalaman sekalipun Moms. Memang, ada beberapa area di kaki yang seharusnya nggak ditekan dengan keras selama kehamilan.

Meskipun benar-benar aman untuk mendapatkan pijatan relaksasi dari seorang praktisi yang terlatih bekerja dengan ibu hamil, ada area tertentu di kaki yang harus dihindari oleh terapis,” kata Michelle Ebbin, ahli terapi sentuh pada Insider.

4 dari 6 halaman

Lalu, dimana sih area itu?

1. Bagian dalam dan luar kedua pergelangan kaki

 Ilustrasi ibu hamil pijat kakiIlustrasi ibu hamil pijat kaki © aaptiv.com

Bagian dalam dan luar kedua pergelangan kaki ini sebaiknya tidak dipijat Moms selama kehamilan. Kenapa? Karena bagian ini adalah saluran langsung ke ovarium dan rahim.

“ Menekan di area ini merupakan saluran langsung ke rahim dan ovarium, jadi tak boleh ada pijatan di pergelangan kaki selama kehamilan,” kata Ebbin.

5 dari 6 halaman

Lebih lanjut, Ebbin mengatakan area lain yang harus dihindari untuk dipijat yakni terletak di area pergelangan kaki bagian dalam Moms, hanya selebar tiga jari di atas tulang pergelangan kaki bagian dalam.

Sejalan dengan Ebbin, seorang dokter akupunktur Elizabeth Trattner juga menjelaskan bila titik itu adalah titik komando perut bagian bawah Moms. Itu juga jadi alasan lain mengapa sebaiknya area itu dihindari untuk dipijat.

6 dari 6 halaman

2. Sudut jari kaki di bagian tepi jari kaki

Menekan pada are ini dianggap bisa merangsang tindakan lanjutan Moms dan membawa bayi ke posisi optimal untuk persalinan. Jadi, bila Moms nggak sedang mencoba menginduksi persalinan, area ini harus Moms hindari.

Itu dia Moms dua area yang seharusnya dihindari untuk dipijat selama kehamilan. Semoga memberikan informasi baru ya Moms.

Join Diadona.id