Potong Rambut saat Hamil Membuat Bayi Lahir Cacat, Mitos atau Fakta?

Pregnancy | Selasa, 8 Juni 2021 09:57
Potong Rambut saat Hamil Membuat Bayi Lahir Cacat, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila

Benarkah ibu hamil dilarang potong rambut?

Kehamilan adalah momen yang sangat dinanti oleh pasangan, khususnya seorang ibu. Ketika mengetahui bahwa sedang hamil, tentu Moms harus berhati-hati dalam menjaga kondisi kesehatan tubuh serta janin.

Di kehidupan ini, masyarakat akrab sekali dengan berbagai mitos. Salah satunya, adalah pernyataan bahwa memotong rambut saat hamil bisa menyebabkan bayi menjadi cacat. Lalu, benarkah demikian?

2 dari 3 halaman

Larangan Potong Rambut saat Hamil

Potong rambut saat hamil dipercaya bisa membuat bayi lahir cacat. Kekhawatiran ini ternyata hanya mitos belaka, karena tidak ada keterangan medis yang membuktikan hal ini bisa membahayakan ibu hamil dan janin secara langsung.

Meski begitu, Moms harus memerhatikan aturan dalam memotong rambut ya. Seperti menghindari pemakaian vitamin rambut atau produk bahan kimia yang akan masuk ke dalam pori-pori kulit kepala, sebab bisa membahayakan kondisi janin dan Moms.

3 dari 3 halaman

Memotong rambut saat hamil tidak memengaruhi kesehatan pada janin apalagi menyebabkan bayi lahir cacat. Tapi, perlu diketahui bahwa yang memberi efek buruk pada janin dan calon Moms adalah ketika melakukan pewarnaan rambut, rebonding, smoothing, dan menggunakan produk berbahan kimia.

Jadi, Moms tak perlu khawatir lagi ya tentang mitos yang beredar ini. Semoga informasi ini bermanfaat!

Join Diadona.id