Punya Banyak Manfaat, Kapan sih Waktu yang Tepat untuk Minum Susu Khusus Ibu Hamil?

Reporter : Mila I
Selasa, 11 Mei 2021 12:57
Punya Banyak Manfaat, Kapan sih Waktu yang Tepat untuk Minum Susu Khusus Ibu Hamil?
Jangan sampai salah ya, Moms!

Menjaga tubuh agar tetap sehat adalah kewajiban setiap ibu hamil. Saat hamil tubuh memang membutuhkan nutrisi yang lebih banyak, yaitu hampir lima kali lipat. Dengan mengonsumsi makanan bergizi baik serta ditambah ddenngan minum susu khusus ibu hamil bisa membantu pertumbuhan janin dalam kandungan pun akan maksimal. Tapi, kapan sebaiknya minum susu ibu hamil?

1 dari 3 halaman

Kapan Sebaiknya Minum Susu Ibu Hamil?

Mengingat susu hamil penting untuk nutrisi ibu dan janin, Moms disarankan untuk mulai mengonsumsi susu hamil sejak usia kehamilan trimester 1.

Ketika usia kehamilan trimester 1, janin mulai berkembang sehingga membutuhkan asupan gizi yang cukup. Selain itu, susu ibu hamil juga baik dikonsumsi saat usia kehamilan memasuki trimester 2 hingga 3.

Melansir National Center for Biotechnology Information, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi setidaknya tiga cangkir susu atau produk olahan susu lainnya setiap hari.

2 dari 3 halaman

Jenis Susu Ibu Hamil

Berikut berbagai jenis susu hamil yang bisa Moms pilih:

1. Susu rendah lemak atau skim

Susu skim rendah lemak adalah salah satu pilihan terbaik untuk membuat Moms tetap bugar dan sehat kehamilan. Susu ini mengandung nutrisi penting yang membantu pertumbuhan dan struktur tulang bayi.

2. Susu murni atau susu full-cream

Susu murni mengandung lemak dan nutrisi berlebih. Oleh karena itu, Moms berhati-hatilah memilih susu jenis ini, karena jumlah lemak yang tinggi selama kehamilan bisa menyebabkan penambahan berat badan berlebih.

3 dari 3 halaman

Manfaat Susu untuk Ibu Hamil

Susu adalah salah satu minuman pelengkap untuk memenuhi kebutuhan zat gizi demi pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, banyak juga manfaat lainnya, seperti:

  • Memenuhi asupan protein.
  • Kaya akan kalsium.
  • Punya kandungan vitamin D.
  • Meredakan maag pada ibu hamil.
  • Menjaga ibu hamil tetap terhidrasi.

Itu dia Moms penjelasan seputar susu khusus ibu hamil. Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya!

Beri Komentar