Pusar Sakit Saat Hamil di Trimester Kedua, Ini Penyebabnya Mom

Pregnancy | Sabtu, 27 Juni 2020 14:17
Pusar Sakit Saat Hamil di Trimester Kedua, Ini Penyebabnya Mom

Reporter : Riza Umami

Penyebab pusar sakit pada trimester kedua.

Biasanya saat hamil ibu akan merasakan sakit di beberapa bagian mulai dari sakit punggung, sakit leher, kaki bahkan sampai di pusar. Memang saat hamil ini tubuh akan mengalami beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit seperti ini.

Memasuki trimester kedua, biasanya ibu hamil akan mengalami sakit pada bagian pusar. Itu adalah hal yang wajar saja dan banyak ditemui pada ibu hamil. Namun, apa sih sebenarnya penyebab dari sakit pada bagian pusar tersebut? Menurut unggahan di akun Instagram @oramiparenting, berikut ini penjelasannya.

2 dari 3 halaman

Salah satu penyebabnya yaitu karena peregangan kulit. Hal ini akan menyebabkan diastasis recti atau abs terpisah jadi dua bagian yaitu kiri dan kanan dan juga akan meningkatkan sensitivitas terhadap tekanan pada bagian pusar.

 ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © freepik.com

Selain itu, pusar jadi sakit ini karena tekanan dari dalam rahim. Seperti diketahui bahwa di dalam rahim ada bayi dan juga cairan ketuban yang bisa mendorong dan memberikan tekan pada perut dan juga bagian pusar. Oleh sebab itu, pusar akan jadi sakit juga.

3 dari 3 halaman

Yang terakhir hernia umbilikalis yaitu adanya tekanan dorong usus ke rongga umbilikalis yang bisa terjebak dan menyebabkan peradangan. Bila ada risiko penahanan dan pencekikan, dokter mungkin akan merekomendasikan untuk operasi.

Nah, itulah beberapa penyebab dari sakit pada bagian pusar di trimester kedua. Bila rasa sakit ini makin parah dan menjadi, ada baiknya ibu segera konsultasikan pada dokter. Semoga sehat selalu sampai proses persalinan nanti.

 

Join Diadona.id