Rutin Minum Perasan Jeruk Nipis Bikin Wanita Cepat Hamil, Mitos atau Fakta sih?

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 11 September 2020 06:30
Rutin Minum Perasan Jeruk Nipis Bikin Wanita Cepat Hamil, Mitos atau Fakta sih?
Beneran nggak ya?

Setelah menikah, pastinya banyak pasangan yang mendambakan ingin segera memiliki anak. Nah, biasanya banyak cara yang dicoba baik Moms maupun pasangan agar bisa meningkatkan peluang hamil.

Nggak sedikit juga ada mitos yang mengatakan bila rajin minum perasaan jeruk nipis secara teratur bisa membuat wanita cepat hamil. Kira-kira hal ini mitos atau memang fakta ya? Yuk, cari tahu jawabannya di bawah ini Moms.

1 dari 6 halaman

Ilustrasi jeruk nipis © Diadona

Jawabannya, mitos Moms.

Melansir dari liputan6.com, Grace Valentine, seorang dokter spesialis kebidanan dan kandungan mengatakan sampai saat ini masih belum ada studi yang mengungkap bahwa mengonsumsi jeruk nipis secara rutin ini bisa meningkatkan peluang hamil.

Menurutnya, nggak ada makanan tertentu Moms yang bisa meningkatkan keberhasilan pembuahan.

" Tidak ada makanan tertentu yang dikonsumsi terus-terus yang dapat meningkatkan keberhasilan pembuahan," terang Grace.

2 dari 6 halaman

Cara Cepat Hamil

Bila Moms dan pasangan ingin segera memiliki buah hati, ada beberaap cara yang bisa Moms coba. Dilansir dari Web MD, berikut 5 cara mudah agar Moms cepat hamil. Apa saja itu?

1. Lakukan pemeriksaan prakonsepsi

Sebelum Moms dan pasangan melakukan program hamil, Moms bisa melakukan pemeriksaan lebih dulu. Moms bisa menanyakan pada dokter tentang vitamin prenatal yang memiliki asam folat.

" Lakukan hal ini sebelum kamu mulai mencoba. Jika kamu punya masalah kesehatan yang mendasarinya, mereka (masalah kesehatan) perlu dikendalikan sebelum kamu bisa hamil dengan aman" kata Paula Hillard, MD, seorang profesor kebidanan dan ginekologi di Universitas Stanford.

3 dari 6 halaman

2. Kenali siklus menstruasi

Ilustrasi Menstruasi © Diadona

Saat ovulasi adalah waktu terbaik Moms untuk hamil. Hillard mengatakan masa ovulasi ini adalah saatnya pasangangan untuk fokus berhubungan seksual.

Hari pertama periode menstruasi dianggap sebagai hari pertama Moms. Wanita dengan siklus 28 hari cenderung akan berovulasi pada hari ke-14. Meski begitu, banyak juga wanita yang memiliki siklus yang lebih lama atau lebih pendek.

" Mulai tes pada hari kesembilan dan terus lakukan (hubungan seks) sampai kamu mendapatkan hasil yang positif," saran Joanne Piscitelli, MD, seorang profesor ginekologi di Duke University Medical Center di Durham, NC.

4 dari 6 halaman

3. Jangan berlebihan!

Berhubungan seksual setiap hari bahkan saat ovulasi belum tentu meningkatkan peluang hamil lho Moms. Sperma bisa hidup hingga 5 hari di dalam tubuh wanita. Karena itu, saran terbaik adalah berhubungan seks secara teratur bukannya berlebihan.

" Secara umum, (berhubungan seksual) setiap dua malam sekitar waktu ovulasi membantu meningkatkan peluang untuk hamil," kata James Goldfarb, MD, direktur layanan infertilitas di Klinik Cleveland, Cleveland.

4. Hindari stres sebisa mungkin

Stres sebenarnya bisa mengganggu ovulasi lho Moms. Untuk mengatasi ini, Moms bisa melakukan cara apa saja asal sehat. Semakin Moms rileks, semakin bagus!

" Ada beberapa bukti bahwa akupunktur bisa membantu mengurangi stres dan meningkatkan peluang Anda untuk hamil," ucap Goldfarb. 

 

5 dari 6 halaman

5. Hidup sehat

Ilustrasi Pasangan yang Berolahraga Bersama © Diadona

Olahraga biasanya jadi salah satu bagian dari hidup sehat.Seperti yang kita tahu, olahraga memiliki manfaat yang baim bagi tubuh. Meski begitu, perlu diingat sebaiknya kita menghindari olahraga yang berlebihan ya Moms bila ingin segera hamil.

" Terlalu banyak olahraga bisa menyebabkan kamu tidak berovulasi," terang Goldfarb.

Goldfarb mengatakan cara terbaik untuk meningkatkan peluang hamil sekaligus mendapatkan manfaat kesehatan dari olahraga teratur yakni dengan melakukan olahraga sedang Moms (dua setengah jam setiap minggu atau setidaknya 30 menit, 5 hari seminggu).

6 dari 6 halaman

Selain olahraga, pola hidup sehat dengan berhenti merokok juga bisa meningkatkan peluang Moms untuk hamil.

So, minum air perasaan jeruk nipis hanya sekadar mitos ya Moms. Semoga membantu.

Beri Komentar