Saat Hamil, Benarkah Jantung Moms Lebih Lemah dari Seharusnya?

Pregnancy | Rabu, 7 April 2021 06:57
Saat Hamil, Benarkah Jantung Moms Lebih Lemah dari Seharusnya?

Reporter : Mila Ismiranda

Jangan panik, simak dulu artikel ini selengkapnya.

Ibu hamil seperti yang diketahui sering mengeluhkan sesak napas, cepat lelah, serta denyut jantung berdetak kencang. Rupanya hal ini karena jantung dan pembuluh darah juga mengalami perubahan saat sedang hamil. Perubahan inilah yang terkadang diidentifikasi sebagai lemah jantung.

Dikutip dari KlikDokter, sebagai proses penyesuaian diri pada masa kehamilan, tubuh akan menambah volume darah yang beredar sebanyak 40-50 persen. Pertambahan volume darah akan dimulai sejak usia kehamilan 6–8 minggu. Selanjutnya, volume darah bertambah hingga usia kehamilan 32–34 minggu.

Fungsi dari pertambahan volume darah untuk membantu pertukaran gas, nutrisi, dan hasil metabolisme yang kebutuhannya meningkat selama hamil. Hal ini juga demi meminimalkan efek kehilangan darah selama proses persalinan.

2 dari 3 halaman

Tekanan Darah Menurun pada Ibu Hamil

Tekanan darah ibu hamil umumnya serupa sebelum maupun selama kehamilan. Tapi pada beberapa kasus, tekanan darah bisa menurun pada pertengahan kehamilan akibat berbagai perubahan hormon dan menumpuknya darah di daerah uterus. Untuk itu, penting untuk terus memeriksakan tekanan darah selama kehamilan.

Selain itu, bentuk dan posisi organ jantung juga akan berubah. Jantung akan cenderung membesar akibat dilatasi pada ruang-ruang jantung, kurang lebih 12 persen dari ukuran sebelumnya. Otot jantung juga akan menebal jika dibandingkan sebelum hamil. Perubahan ini bisa disebabkan oleh bertambahnya volume darah yang perlu dipompa jantung. Artinya, kerja otot jantung pun makin berat.

3 dari 3 halaman

Normalkah?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, perubahan terkait jantung lemah saat hamil adalah proses penyesuaian tubuh terhadap kebutuhan ibu. Moms tidak perlu khawatir kalau mengalami dan merasakan berbagai gejala-gejala lemah jantung, seperti mudah lelah, agak sesak, dan pembengkakan tungkai.

Kondisi ini adalah normal dan akan segera membaik segera setelah melahirkan. Tapi bagi seseorang yang sudah memiliki penyakit jantung tertentu, kehamilan bisa menambah atau memperparah keluhan yang dirasakan. Pada kasus seperti ini, perlu perhatian lebih pada ibu hamil.

Semoga informasi ini bermanfaat ya. Semoga ibu hamil dan calon buah hati sehat selalu!

Join Diadona.id