Saat Hamil Wanita Akan Alami Perubahan Psikologis, Apa Aja Ya?

Pregnancy | Minggu, 28 Juni 2020 09:17
Saat Hamil Wanita Akan Alami Perubahan Psikologis, Apa Aja Ya?

Reporter : Riza Umami

Perubahan psikologis pada ibu hamil.

Banyak perubahan yang akan ibu alami saat sedang hamil. Perubahan ini bisa dari fisik dan juga bisa secara psikologis. Tak perlu khawatir karena itu adalah hal yang wajar selama kehamilan.

Perubahan ini pun sifatnya hanyalah sementara saat masa kehamilan saja. Nanti, saat si kecil sudah lahir kondisi ibu pun akan beranjak normal seperti biasa lagi. Dalam sebuah postingan di akun haibundacom, ada beberapa perubahan psikologis yang akan ibu hamil alami, apa aja ya Mom?

2 dari 3 halaman

Pada trimester pertama, hormon progesteron akan meningkat di dalam tubuh yang akan memengaruhi perubahan suasana hati, kewaspadaan, dan juga akan menyebabkan ibu menangis tanpa alasan yang jelas. Umumnya, ibu akan mengalami kecemasan seperti takut kehilangan anak, dan juga kecemasan lainnya.

 ilustrasi ibu hamililustrasi ibu hamil © parenting.firstcry.com

Kemudian pada trimester yang kedua, ibu mungkin akan mudah lupa daripada biasanya dan kebiasaan pun tak seteratur biasanya. Pada trimester ini biasanya berat badan dan fisik tubuh pun akan berubah, yang mungkin juga bisa memengaruhi psikologis ibu.

3 dari 3 halaman

Di trimester ketiga, waktu sudah makin dekat dengan tanggal kelahiran. Meski sudah tak sabar dan senang menanti kehadiran si kecil, ibu mungkin juga akan cemas tentang proses persalinan nanti. Selain itu, ibu juga akan mengalami sakit fisik seperti sakit punggung, leher, kaki dan juga tulang rusuk yang mungkin bisa membuat mood makin jelek.

Nah, itulah beberapa perubahan psikologis yang mungkin akan ibu alami selama masa kehamilan. Penting sekali untuk menyenangkan diri, membuat diri rileks atau melakukan hal yang disuka agar suasana hati kian membaik. Semoga sehat selalu ya Mom sampai proses persalinan nanti.

Join Diadona.id