Seberapa Penting sih Bumil Menggunakan Bantal Hamil saat Tidur?

Reporter : Mila
Kamis, 27 Januari 2022 11:57
Seberapa Penting sih Bumil Menggunakan Bantal Hamil saat Tidur?
Bantal hamil akan membuat Moms lebih nyaman.

Perubahan tubuh pada ibu hamil memang kerap membuat tidur menjadi lebih sulit dan tidak nyaman. Nah, salah satu alat yang bisa membantu mengembalikan kualitas Moms ialah bantal hamil.

Penelitian oleh Paryono (2012), salah satu dosen Poltekkes Surakarta, menyatakan bahwa ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan seperti postur tubuh dan hormon yang bisa menyebabkan kegelisahan dan nyeri-nyeri. Rasa gelisah dan tidak nyaman itu dirasakan Moms saat melakukan berbagai aktivitas termasuk tidur.

Jadi, apakah bantal hamil benar-benar diperlukan?

1 dari 4 halaman

Apa Itu Bantal Hamil?

Bantal Hamil © Diadona

Bantal hamil adalah bantal yang dirancang khusus sesuai dengan lekuk tubuh ibu hamil. Sebagaimana diketahui, tubuh ibu hamil akan mengalami berbagai perubahan, salah satunya yang paling terlihat adalah perut yang membesar.

Perubahan ini memberi banyak tekanan pada tubuh, terutama ketika kehamilan memasuki trimester lanjut. Hal itu jelas membuat posisi tidur Moms tidak nyaman sehingga masalah tidur saat hamil pun sering terjadi.

2 dari 4 halaman

Manfaat Bantal Hamil

Lebih lanjut, ada berbagai manfaat yang bisa Moms dapatkan dengan menggunakan bantal hamil, seperti:

  • Membuat tidur lebih nyenyak.
  • Meredakan nyeri punggung dan/atau sakit kaki.
  • Melancarkan peredaran darah.
  • Membantu proses pemulihan setelah melahirkan.
  • Bisa dijadikan bantal menyusui setelah melahirkan nanti.
  • Bisa dijadikan batas tidur si bayi.

3 dari 4 halaman

Jenis-jenis Bantal Hamil

Bantal Hamil © Diadona

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bantal hamil didesain untuk mengurangi rasa gelisah saat Moms tidur. Meskipun begitu, bantal hamil memiliki beberapa jenis berbeda.

  • Pregnancy Body pillow

    Pregnancy body pillow adalah bantal hamil yang berukuran sama dengan tubuh Moms. Bentuk bantal ini memanjang dari kepala sampai kaki, memiliki bolong di tengah-tengah, dan mengelilingi badan ibu.

  • U-shaped & C-shaped Pregnancy Body Pillow

    Sesuai dengan namanya, bantal berjenis U dan C-shaped punya bentuk menyerupai huruf U atau C. Bantal ini mirip dengan pregnancy body pillow tetapi lebih pendek. Panjangnya hanya sekitar dari kepala sampai dengkul kaki orang dewasa.

  • Pregnancy Wedge Pillow

    Berbeda dengan kedua jenis bantal di atas, pregnancy wedge pillow tidak mengelilingi badan. Bentuknya seperti setengah lingkaran. Sehingga hanya bisa menopang area tertentu dan sangat terbatas seperti perut dan punggung saja.

4 dari 4 halaman

Jadi, bantal hamil adalah alat bantu tidur yang cukup penting untuk ibu hamil. Alat ini bisa menopang tubuh, memperlancar peredaran darah, mengurangi rasa pegal dan membuat tidur ibu lebih nyenyak.

Selain itu, bantal ini juga bisa dijadikan sebagai bantal menyusui dan pembatas tidur si kecil setelah lahir.

Semoga informasi bermanfaat ya!

Beri Komentar