Sedang Hamil dan Ingin Ikut Puasa, Ini Suplemen yang Penting Dikonsumsi saat Sahur Moms!

Reporter : Mila
Senin, 4 April 2022 10:57
Sedang Hamil dan Ingin Ikut Puasa, Ini Suplemen yang Penting Dikonsumsi saat Sahur Moms!
Suplemen penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil.

Memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil selama berpuasa tentu penting diperhatikan. Saat Moms berpuasa, penting memerhatikan menu makanan baik saat sahur, buka puasa, dan makanan di malam hari.

Selain memerhatikan sederet makanan yang dikonsumsi, Moms juga tidak boleh melupakan suplemen kehamilan. Ini bisa membantu menjaga kesehatan Moms dan janin dalam kandungan.

1 dari 3 halaman

Pentingnya Suplemen Kehamilan

Melansir Mayo Clinic, hamil yang sehat adalah yang tercukupi vitamin dan mineral, juga aneka zat gizi yang dibutuhkan. Tapi pada kenyataannya, acap kali ibu hamil tidak bisa mencukupi semua kebutuhan gizi tersebut dari makanan sehari-hari.

Terlebih, kalau Moms ikut menjalankan puasa Ramadan. Hal ini justru bisa membuat Moms kekurangan nutrisi kunci kesehatan kehamilan dan janin. Nah, disinilah pentingnya suplemen kehamilan untuk ibu hamil.

2 dari 3 halaman

Manfaat Kandungan dalam Suplemen Kehamilan

Suplemen vitamin kehamilan biasanya mengandung lebih banyak asam folat dan zat besi daripada multivitamin orang dewasa standar. Kenapa?

- Asam folat membantu mencegah cacat tabung saraf. Cacat ini adalah kelainan serius pada otak dan sumsum tulang belakang.

- Zat besi mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi.

- Zat besi juga membantu mencegah anemia, suatu kondisi di mana darah memiliki jumlah sel darah merah yang sehat.

- Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin kehamilan mengurangi risiko memiliki bayi yang kecil untuk usia kehamilannya.

- Asam lemak omega-3, bisamembantu meningkatkan perkembangan otak bayi. Ini penting bagi ibu hamil yang tidak makan ikan.

- Kalsium dan vitamin D juga penting, terutama selama trimester ketiga, ketika tulang bayi tumbuh dan menguat dengan cepat.

3 dari 3 halaman

Meski begitu, jangan lupa minum yang cukup saat sahur dan saat buka puasa ya. Penting juga makan makanan yang tinggi serat dari sayuran dan buah-buahan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Beri Komentar