Sering Mengantuk Saat Hamil? Ternyata Ini Alasannya Moms

Reporter : Prisma Difta
Selasa, 30 Juni 2020 17:51
Sering Mengantuk Saat Hamil? Ternyata Ini Alasannya Moms
Wah, kira-ira apa ya moms?

Rasa kantuk dan lelah padahal tidak melakukan apa-apa ini biasa dialami ibu hamil di trimester pertama dan ketiga. Sementara di semester kedua sudah tidak terlalu terasa. 

Pada awal kehamilan, penyebab ibu hamil suka lelah dan mengantuk adalah karena perubahan hormon. Peningkatan kadar hormon progesteron lah yang membuat Mama menjadi sering mengantuk. 

1 dari 3 halaman

Sering dialami pada trimester pertama

 

Tubuh juga menghasilkan lebih banyak darah untuk janin yang ada di dalam rahim. Selain itu, kadar gula darah dan tekanan darah ibu hamil di trimester pertama seringnya lebih rendah dari biasanya. Sehingga Mama sering merasa mudah lelah dan berujung ingin tidur saja.

Tak terkecuali, rasa ngantuk ini juga bisa berasal dari perubahan emosional yang dialami ibu hamil. Jika sudah begitu, tak perlu merasa bingung, karena hal ini wajar adanya.

 

2 dari 3 halaman

Mengantuk karena kelelahan

Menurut American Pregnancy Association (APA), penyebab ibu hamil suka mengantuk adalah karena kelelahan. Hal ini biasa dialami hampir seluruh ibu hamil. 

Sering mengantuk adalah gejala umum yang biasa dialami para ibu hamil. Meski lelahnya bervariasi, sebagian ibu hamil merasa lebih mudah lelah saat hamil.

Ini disebabkan karena perubahan dan penyesuaian tubuh untuk mempersiapkan janin yang tengah bertumbuh di rahim mama. Jadi tak perlu khawatir, ya.

3 dari 3 halaman

Hilang saat trimester kedua dan kembali saat trimester ketiga

Memasuki trimester kedua, Mama bisa mengucapkan selamat tinggal sementara pada rasa lelah dan mengantuk. Karena trimester ini adalah waktu paling prima di sepanjang waktu kehamilan. 

Maka dari itu, banyak ibu hamil yang memilih liburan atau babymoon pada trimester kedua. Namun semua akan sirna saat memasuki trimester ketiga.

Pada saat ini, perut sudah semakin besar. Jalan biasa saja memerlukan usaha tersendiri, apalagi harus menjalani aneka kegiatan sehari-hari.

Bayi juga sudah makin matang. Belum lagi, ada banyak gangguan tidur pada malam hari seperti kram kaki, pinggang pegal, buang air kecil terus-menerus, sampai insomnia tak beralasan.

Jika malamnya sudah tidak bisa tidur nyenyak, tentu tak heran jika sepanjang hari ibu hamil akan merasa lelah dan ingin tidur saja. Saat mengantuk, jangan ragu untuk beristirahat sebentar karena menurut dr. Yassin Bintang, SpOG, ibu hamil setidaknya butuh tidur selama delapan jam sehari. 

Beri Komentar