Sesak Napas saat Hamil, Cukup Lakukan Cara Sederhana Ini Moms!

Pregnancy | Selasa, 26 April 2022 10:57

Reporter : Mila Ismiranda

Cara sederhana berikut bisa meringankan sesak napas.

Ketika Moms berbadan dua, tentu saja tubuh akan mengalami banyak perubahan. Perubahan fisik yang signifikan tersebutlah berpotensi buat Moms mengalami berbagai keluhan. Salah satu keluhan yang sering dialami ibu hamil adalah sesak napas.

Sesak napas adalah suatu hal yang normal dialami ibu hamil. Biasanya, sesak yang dialami dikarenakan ukuran perut yang semakin membesar.

Sesak Napas saat Hamil, Cukup Lakukan Cara Sederhana Ini Moms!
2 dari 5 halaman

Kebanyakan ibu hamil yang mengalami sesak napas biasanya akan panik. Bahkan, tak sedikit yang buru-buru mencari obat untuk meredakan sesak napasnya.

Padahal ibu hamil tidak boleh lho sembarangan mengonsumsi obat. Setiap obat yang dikonsumsi ibu hamil harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter.

3 dari 5 halaman

Tenang, cara mengatasi sesak napas pada ibu hamil sangat mudah kok.

Pertama, saat Moms mengalami sesak napas ada baiknya bersikap tenang. Karena kalau panik dan khawatir, sesak napasnya pun akan bertambah parah.

Kedua, segera duduk dan cari posisi yang nyaman. Sanggah kepala dengan bantal supaya sesak napasnya bisa mereda.

Ketiga, rutinlah melakukan olahraga selama hamil. Mungkin sebagian besar ibu hamil mudah merasa lemas jadi malas berolahraga. Padahal ibu hamil sendiri wajib berolahraga secara rutin.

4 dari 5 halaman

Keempat, cara lain untuk mengatasi sesak napas adalah dengan melatih pernapasan. Selain membantu melancarkan persalinan, melatih pernapasan juga bisa mengatasi sesak napas.

Kelima, agar tidak mudah mengalami sesak napas, maka ibu hamil juga disarankan menghindari minuman bersoda dan berkafein.

Keenam, jangan paksakan tubuh untuk melakukan aktivitas berlebih. Kalau Moms sudahlelah maka istirahat terlebih dahulu.

Join Diadona.id