Sistem Imun Ibu Hamil, Benar Bisa Pengaruhi Kecerdasan Bayi?

Reporter : Devi Puspitasari
Jumat, 8 Januari 2021 15:30
Sistem Imun Ibu Hamil, Benar Bisa Pengaruhi Kecerdasan Bayi?
Simak faktanya di bawah ini ya Moms.

Selama kehamilan biasanya sistem imun bumil cenderung akan menurun. Karena itu, nggak jarang Moms jadi rentan sakit saat hamil.

Meski kondisi ini umum dialami bumil, nyatanya benar sistem kekebalan tubuh ibu berpengaruh juga lho pada kecerdasan si kecil. Hubungan antara keduanya juga disinggung dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Neuroscience.

1 dari 4 halaman

Pengaruh Sistem Imun dan Kecerdasan Bayi

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Dikutip dari The Asian Parent, saat sistem imun tubuh ibu " diaktifkan" , hal ini bisa memengaruhi otak bayi, Moms. Pengaktifan sistem imun ibu ini bisa dipicu oleh infeksi, penyakit, stres, atau alergi.

Para ahli percaya menurunnya sistem imun bumil bisa meningkatkan risiko terhambatnaya tumbuh kembang si kecil, perkembangan otak yang nggak berjalan dengan baik, dan jura rentan terkena infeksi.

2 dari 4 halaman

Bahkan, dalam sebuah penelitian terungkap ibu hamil yang mengalami peradangan atau masalah kesehatan lainnya terutama pada trimester ketiga bisa membuat tumbuh kembang bayi jadi terganggu, termasuk bisa menyebabkan buah hati mengalami penurunan kecerdasan di masa depan.

Pasalnya, saat bumil mengalami peradangan, tubuh akan melepaskan sejumlah protein sebagai respon. Meningkatnya produksi protein sebagai respon terhadap peradangan ini dikaitkan dengan adanya perbedaan dalam kemampuan motorik, perilaku dan bahasa yang dialami anak pada usia sekitar satu tahun.

3 dari 4 halaman

Gimana sih Cara Meningkatkan Sistem Imun Ibu Hamil?

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Agar bayi dalam kandungan berkembang dengan baik dan ibu terhindar dari berbagai penyakit, sangat penting untuk meingkatkan sistem imun selama hamil. Ada sederet tips yang bisa Moms coba untuk meningkatkan sistem imun selama kehamilan.

1. Olahraga secara teratur.

2. Istirahat dan tidur yang cukup.

3. Konsumsi makanan yang sehat.

4. Konsumsi vitamin tambahan dan probiotik.

5. Hindari stres.

4 dari 4 halaman

Selain melakukan berbagai tips di atas, sangat direkomendasikan untuk Moms memeriksakan diri secara rutin ke dokter. Selain itu, bila Moms merasa sakit segera pergi ke dokter ya agar segera mendapat penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar