Suka Jadi Ceroboh dan Kikuk saat Hamil, Ternyata Ini lho Penyebabnya Moms

Reporter : Devi Puspitasari
Selasa, 22 September 2020 06:30
Suka Jadi Ceroboh dan Kikuk saat Hamil, Ternyata Ini lho Penyebabnya Moms
Ternyata ini lho Moms penyebabnya.

Saat hamil, nyatanya banyak perubahan yang dialami oleh ibu. Selain secara fisik, nggak jarang Moms merasa lebih ceroboh dan kikuk saat hamil. Ternyata, hal ini normal dialami oleh ibu hamil lho Moms.

Tapi sebenarnya apa sih yang menyebabkan ibu cenderung lebih ceroboh dan kikuk selama kehamilan? Langsung saja, simak ulasannya yang dilansir dari What to Expect berikut ini ya Moms.

1 dari 4 halaman

Ilustrasi ibu hamil © Diadona

Biasanya kebanyakan ibu hamil mulai lebih ceroboh dan kikuk pada saat memasuki trimester kedua Moms dimana baby bump mulai terlihat. Meski ada juga beberapa ibu hamil yang mulai mengalami hal ini lebih awal karena adanya faktor hormon dan kelelahan.

2 dari 4 halaman

Sebenarnya apa sih yang menyebabkan wanita cenderung ceroboh saat hamil?

Hal ini nyatanya disebabkan oleh beberapa faktor Moms. Apa saja sih itu?

1. Perut yang mulai membesar

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Perut yang semakin membesar seiring kehamilan mau nggak mau akan menggeser pusat gravitasi tubuh Moms yang bisa memengaruhi keseimbangan.

Biasanya, hal ini akan terasa saat Moms menaiki tangga, berjalan di permukaan yang licin, atau bisa juga saat Moms membawa sesuatu yang berat. Selain itu, padangan pada kaki yang terhalang oleh perut juga bisa membuat Moms tersandung bahkan jatuh.

3 dari 4 halaman

2. Perubahan Hormon

Selama kehamilan, hormon juga bisa melonggarkan sendi dan ligamen Moms selain juga bisa memengaruhi suasana hati. Hal ini menyebabkan Moms menahan cairan ekstra yang bisa berakibat pada carpal tunnel syndrome. Sindrom ini bisa membuat genggaman Moms pada objek jadi kurang kuat.

3. Kelelahan

Ilustrasi Ibu Hamil © Diadona

Nggak bisa dipungkiri, selain membawa rasa bahagia hamil juga membuat ibu cepat merasa lelah. Kelelahan saat hamil ini bisa membuat Moms jadi lebih ceroboh lho dari sebelumnya. Istirahat sejenak nggak ada salahnya kok Moms daripada nantinya terjadi hal yang nggak diinginkan.

4 dari 4 halaman

Meski merasa kikuk dan ceroboh adalah hal yang normal selama kehamilan, tapi bila kecerobohan ini juga diiringi dengan bengkak, penglihatan kabur, dan berat badan yang tiba-tiba naik, itu tandanya Moms harus segera berkonsultasi pada dokter.

Dalam kasus yang jarang, hal ini bisa jadi pertanda Moms terkena preeklamsia atau tekanan darah tinggi lho yang bisa menyebabkan pembengkakan tangan sedang sampai dengan parah.

Karena itu, akan lebih baik kan bila Moms bisa mengetahuinya lebih awal dengan memeriksakannya pada dokter. Semoga bermanfaat.

Beri Komentar