Susah Hamil Setelah Melakukan Aborsi, Mitos atau Fakta?

Reporter : Mila
Senin, 13 Juni 2022 10:57
Susah Hamil Setelah Melakukan Aborsi, Mitos atau Fakta?
Bener gak sih?

Melakukan aborsi atau menggugurkan kandungan pastinya tidak mudah. Tidak hanya sakit fisik, psikologis seorang perempuan juga ikut terguncang.

Tapi, tahukah kamubahwa prosedur ini sedikit memengaruhi reproduksi perempuan? Mungkin banyak yang pernah berpikir,

“Jangan-jangan karena setelah aborsi, saya jadi susah hamil?”

Untuk menjawab pertanyaan ini, berikut penjelasan secara medis hubungan aborsi dengan kesuburan perempuan.

1 dari 5 halaman

Risiko Setelah Aborsi

Secara umum, aborsi tidak menyebabkan masalah kesuburan atau komplikasi dalam kehamilan. Tapi, mengutip dari NHS.uk, aborsi sedikit berdampak pada kesuburan dan kehamilan berikutnya. Terutama kalau melakukan aborsi yang tidak sesuai dengan prosedur kedokteran.

Risiko yang mungkin terjadi adalah penyakit radang panggul (PID), yaitu infeksi yang menyebar ke saluran telur dan ovarium wanita. Kalau terkena penyakit radang panggul setelah melakukan aborsi, maka seseorang akan berisiko susah hamil dan kehamilan ektopik (hamil di luar rahim).

Tapi tenang, sebagian besar infeksi bisa dokter tangani sebelum mencapai tahap peradangan. Biasanya, dokter akan memberi resep antibiotik sebelum aborsi untuk mengurangi risiko aborsi.

2 dari 5 halaman

Faktor Lain Susah Hamil Setelah Aborsi

Melansir, American College of Obstetrician (ACOG), aborsi umumnya tidak memengaruhi kehamilan berikutnya. Tapi, kalau kamu susah hamil setelah aborsi, perhatikan beberapa faktor lain seperti:

  • usia 35 tahun ke atas,
  • gaya hidup buruk (merokok dan menggunakan narkoba),
  • penyakit menular seksual,
  • diabetes,
  • penyakit autoimun,
  • gangguan hormonal, dan
  • kualitas sperma pasangan.

3 dari 5 halaman

Jelaskan Secara Rinci pada Dokter

Kalau kamu susah hamil setelah aborsi, konsultasikan dengan dokter kandungan. Ceritakan secara rinci tentang prosedur aborsi yang sebelumnya dilakukan, walau tidak mudah.

Pasalnya, hukum di Indonesia sendiri hanya boleh melakukan aborsi pada kasus kegawatan yang mengancam nyawa dan korban perkosaan. Meski begitu, stigma aborsi di Indonesia yang masih dianggap tabu membuat perempuan tidak berani untuk melakukan aborsi dengan prosedur kedokteran.

4 dari 5 halaman

Waktu Aman Hamil Setelah Aborsi

Melansir Reproductive Choices, telur sudah lepas ke rahim sejak 8 hari setelah melakukan aborsi. Ini membuat perempuan bisa hamil pada siklus menstruasi berikutnya.

Tapi, saat konsultasi dokter akan menyarankan perempuan menggunakan kontrasepsi setelah aborsi. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan hamil dengan jarak yang berdekatan setelah aborsi. Melansir NHS.uk, dokter merekomendasikan untuk menunggu sampai perdarahan pada vagina berhenti.

Meski begitu, kembali lagi ke pilihan masing-masing. Kehamilan semua tergantung dari kesiapan diri dan pasangan untuk memiliki bayi.

Beri Komentar