Tak Hanya Keguguran, Ini yang Bikin Ibu Hamil Overthinking dan Solusinya

Pregnancy | Kamis, 2 September 2021 09:18

Reporter : Prisma Difta

Simak moms!

Overthingking atau yang sering disebut berpikir berlebihan, biasanya dirasakan oleh banyak kalangan tidak terkecuali pada ibu hamil. Bahkan overthinking ternyata tidak hanya soal keguguran saja, banyak hal yang membuat ibu hamil ketakutan. Apa sajakah ketakutan itu? Yuk coba kenali dan cari tahu solusinya, moms

Tak Hanya Keguguran, Ini yang Bikin Ibu Hamil Overthinking dan Solusinya
2 dari 5 halaman

Keguguran

Sebenarnya, peluang keguguran dari kehamilan hanyalah 20 persen saja menurut para ahli. Baiknya jangan terlalu overthinking karena jika bayi sudah terdengar detak jantung, kemungkinan untuk keguguran sangatlah kecil.

" Dan kemungkinan mengalami keguguran kedua sangat kecil - kurang dari 3 persen" kata Diane Ashton, MD, MPH, wakil direktur medis untuk March of Dimes.

3 dari 5 halaman

Bayi Lahir Cacat

Salah satu yang membuat ibu overthink adalah apabila bayi lahir prematur. Fakta mengatakan bahwa, lebih dari 70 persen bayi lahir antara 34 dan 36 minggu. Risiko komplikasi serius atau masalah perkembangan jauh lebih rendah. 

Untuk zaman sekarang juga sudah dilengkapi oleh peralatan canggih seperti USG, sehingga kemungkinan untuk bayi cacat hanyalah 4 persen saja, moms.

4 dari 5 halaman

Berat Badan

Banyak ibu yang khawator bahwa dirinya tidak akan kembali ke bentuk tubuh aslinya, namun sebenarnya anggapan ini salah moms. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 14 hingga 20 persen wanita memang mempertahankan setidaknya sebagian dari berat badan kehamilan mereka, tetapi ada cara untuk meningkatkan peluang Bunda kembali ke berat badan semula.

Join Diadona.id