Tak Kunjung Melahirkan padahal Sudah Waktunya? Ini Cara Cepat Merangsang Kontraksi

Reporter : Riza Umami
Sabtu, 6 Juni 2020 15:17
Tak Kunjung Melahirkan padahal Sudah Waktunya? Ini Cara Cepat Merangsang Kontraksi
Cara merangsang kontraksi agar cepat melahirkan.

Biasanya ibu akan melahirkan bila usia kehamilan sudah mencapai minggu ke-37 sampai 42. Namun, tak semua kelahiran tepat waktu dan itulah yang dialami oleh sejumlah bumil.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan HPL (Hari Perkiraan Lahir) ini tak sesuai. Hal tersebut yaitu seperti terjadinya infeksi pada rahim, hipertensi, gangguan pertumbuhan bayi, cairan ketuban yang tidak cukup dan beberapa penyebab lainnya.

1 dari 3 halaman

Dilansir dari laman ruangmom.com, ternyata ada yang bisa ibu lakukan untuk merangsang kontraksi ini agar cepat melahirkan. Salah satunya yaitu dengan mandi air hangat. Berendam di air hangat ini akan membuat tubuh lebih rileks.

Selain itu, Mom juga perlu memperbanyak berjalan kaki, tak perlu jauh-jauh dan cukup yang dekat-dekat saja. Sambil berjalan ini, cobalah untuk mengatur pernapasan secara perlahan-lahan agar tak mudah lelah meski kandungan sudah besar.

2 dari 3 halaman

Ada juga cara lain seperti memijat payudara. Ternyata saat ibu merangsang payudara ini, tubuh akan melepaskan hormon oksitosin dalam darah yang bisa membantu untuk mempercepat persalinan.

Mom juga bisa mencoba melakukan gerakan squat yang bisa dilakukan saat hamil. Gerakan ini dipercaya bisa membantu datangnya kontraksi dan posisi jongkok ini pun bisa mempercepat bayi masuk ke jalan lahirnya secara alami.

3 dari 3 halaman

Mengonsumsi pisang dan kurma ternyata juga bisa mempercepat datangnya kontraksi. Hal ini disebabkan buah-buahan ini mengandung zat kalium yang tinggi yang bisa merangsang kontraksi otot terutama pada otot rahim.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Mom lakukan agar kontraksi segera terjadi. Semoga proses persalinannya nanti berjalan dengan lancar dan sukses.

Beri Komentar